Gundari, Mieta (2021) Analisis strategi fundraising BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatkan jumlah Muzakki di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftarisi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
Abstract
Strategi adalah cara atau alat untuk mencapai tujuan organisasi atau lembaga dengan menetapkan tujuan jangka panjang dan mengalokasikan sumber daya yang muncul serta mempersiapkan segala potensi yang ada. Oleh karena itu, penulis mengambil strategi fundraising menjadi judul penelitian dalam upaya untuk meningkatkan muzakki di Kota Bandung dan penelitian ini dilakukan pada BAZNAS Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana strategi fundraising yang dilakukan BAZNAS Kota Bandung; (2) Bagaimana implementasi penerapan strategi yang dilakukan BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatan muzakki; (3) Bagaimana hasil pencapaian strategi yang dilakukan BAZNAS Kota Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif, karena dalam penelitian ini penulis menjelaskan strategi fundraising yang dilaksanakan oleh BAZNAS Kota Bandung. Dalam menganalisis strategi tersebut penulis juga menggunakan metode analisis SWOT. Analisis SWOT dilakukan dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada pada suatu organisasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang diterapkan oleh BAZNAS Kota Bandung terdiri dari beberapa hasil analisis SWOT internal dan eksternal yang terbentuk menjadi suatu formulasi strategi seperti penguatan SDM bidang penghimpunan mengenai digitalisasi supaya bisa mengembangkan website yang sudah dimiliki, menjalin sinergi dengan lembaga lain serta meningkatkan citra diri sebagai lembaga amil zakat. Implementasi strategi yang diterapkan oleh BAZNAS Kota Bandung adalah mengembangkan strategi digital fundraising dengan memanfaatkan media sosial tujuannya adalah untuk memudahkan dan membangun kepedulian serta kesadaran masyarakat dalam menyalurkan dana zakat, infak dan sedekah. Hasil pencapaian strategi yang dilakukan BAZNAS Kota Bandung adalah setelah menerapkan strategi yang memanfaatkan media sosial hasilnya belum maksimal karena terlihat dari adanya penurunan penerimaan dana ZIS pada tahun 2020, dan website BAZNAS Kota Bandung pun belum teroptimalkan dengan baik karena SDM yang mengerti mengenai digitalisasi masih kurang, serta mulai adanya penyebaran virus Covid-19 yang menyebabkan penurunan perolehan ZIS yang berasal dari ASN.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Fundraising; Muzakki; SWOT |
Subjects: | Islam > Zakat Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mieta Gundari |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 03:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45184 |
Actions (login required)
View Item |