Suminar, Nadia Utin (2019) Penerapan model Cooperative Learning tipe Question Student Have untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Husainiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam belajar yaitu kurangnya motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas V MI Husainiyah Cicalengka. Kurangnya motivasi belajar siswa dikarenakan pembelajaran selalu berpusat pada guru, juga kurangnya penggunaan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V Mi Husainiyah Cicalengka sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe question student have. Serta untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar kelas V MI Husainiyah Cicalengka seseudah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe question student have pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas V. Model pembelajaran cooperative learning tipe question student have adalah salah satu strategi pembelajaran aktif yang tidak membuat peserta didik takut untuk mempelajari apa yang mereka butuhkan dan harapkan. Hal itu dapat menyebabkan motivasi belajar siswa meningkat, dan juga question student have merupakan teknik pembelajaran yang mengundang partisipasi melalui penulisan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dan dua tindakan. Setiap siklus memuat empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan observasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah menggunakan angket, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Husainiyah Cicalengka yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Hasil analisis penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa motivasi belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Question Student have masih dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 49,15. Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Question Student Have pada siklus I berjalan dengan baik dengan nilai rata-rata aktivitas mengajar guru 84,60 dan aktivitas belajar siswa 82,84. Pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 65,05 yang termasuk kategori baik. pada siklus II proses pembelajaran mengalami peningkatan dengan nilai rata rata aktivitas guru 92,23 dan aktivitas siswa 91,33. Motivasi belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 78,29 yang termasuk pada kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi; Cooperative Learning; Question Student Have |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadia Utin Suminar |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 22:08 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 22:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45199 |
Actions (login required)
View Item |