Pemberdayaan masyarakat desa melalui Partai Politik : Studi kasus Partai Keadilan Sejahtera di Desa Margahayu Selatan Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung

Firdaus, Robi (2021) Pemberdayaan masyarakat desa melalui Partai Politik : Studi kasus Partai Keadilan Sejahtera di Desa Margahayu Selatan Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan yang dilakukan untuk masyarakat desa tidak hanya mencakup pembangunan infrastruktur melainkan pembangunan harus dilakukan pada sumber daya manusia dengan melakukan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan memajukan kehidupan sosial masyarakat desa. Pemberdayaan masyarakat menjadi proses masyarakat untuk mengembangkan pengetahuan, potensi, dan kemampuan dalam mewujudkan kesejahteraan. Pemberdayaan masyarakat pada umumnya dilakukan oleh Pemerintah atau Lembaga Swadaya Masyarakat. Namun, pemberdayaan masyarakat juga dapat dilakukan oleh stakeholder, misalnya organisasi sosial politik yaitu partai politik Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa partai politik dapat menjadi stakeholder untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dan pengetahuan bahwa partai politik memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan sistem sosial dan alternatif perkembangan ekonomi serta melakukan pengarahan untuk mewujudkan masyarakat desa yang mandiri. Teori dalam penelitian ini mengacu pada Teori Pemberdayaan Masyarakat dari Robert Chambers yang mengatakan bahwa konsep pembangunan dengan model pemberdayaan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tetapi lebih kepada alternatif pertumbuhan ekonomi yang bersifat people centered, participatory, empowering, dan sustainable. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan relevansi atau kesesuaian antara teori dengan realitas pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang secara fundamental bergantung pada pengamatan manusia dengan pendekatan naturalistik atau mempelajari fenomena yang sedang eksis untuk mencari serta memahami fenomena dalam latar yang berkonteks khusus. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat desa oleh Partai Keadilan Sejahtera di Desa Margahayu, yaitu: 1) Program pemberdayaan masyarakat desa oleh PKS Margahayu dilakukan tidak hanya kepada kader melainkan pada masyarakat umum namun tidak terlalu masif yang dalam hal ini melihat situasi dan kondisi serta kemungkinan untuk dilakukannya pemberdayaan masyarakat desa. 2) Strategi PKS Margahayu untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dengan cara menjalin hubungan setiap lini atau sektor seperti pemerintah, partai politik lain atau organisasi kemasyarakatan, serta memberikan bantuan sosial. 3) Proses pemberdayaan yang dilakukan oleh PKS Margahayu meninjau segala program pemberdayaan masyarakat baik itu sebelum hingga sesudah diadakannya program pemberdayaan masyarakat, hal ini dilakukan agar pemberdayaan masyarakat bagi masyarakat desa tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan;Masyarakat;Desa;Partai Politik
Subjects: Communities > Community Sociology
Communities > Villages
Political Process > Political Parties
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Robi Firdaus
Date Deposited: 20 Oct 2021 13:03
Last Modified: 20 Oct 2021 13:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45207

Actions (login required)

View Item View Item