Pengaruh Cooperative Approach Tipe Tgt Berbantuan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi

Hafsah, Maryam and Muhammad, Muttaqien and Milla, Listiawati (2017) Pengaruh Cooperative Approach Tipe Tgt Berbantuan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi. http://digilib.uinsgd.ac.id, Pengaruh Cooperative Approach Tipe Tgt Berbantuan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi.

[img]
Preview
Text
Jurnal Hafsah 1132060027.pdf

Download (280kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsgd.ac.id/

Abstract

Dalam pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dan komunikatif, sekaligus membutuhkan pendekatan pembelajaran yang efektif sehingga materi pembelajaran yang disampaikan dapat dipahami dan diserap dengan mudah oleh siswa. Oleh karena itu perlu dicari alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook merupakan pembelajaran kooperatif dan memanfaatkan teknologi internet dalam proses pembelajarannya (Facebook) untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pembelajaran pada siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA PGRI Rancaekek tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah jenis Quasi eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berjumlah 25 soal, sedangkan afektif menggunakan angket. Hasil penelitian di kelas yang menggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook dengan diperoleh rata-rata pretest 44,27 dan posttest 64,37 memiliki gain 20,1, sedangkan yang tidak mengggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, rata-rata pretest 40,80 dan posttest 47,43, memiliki gain 6,63. Berdasarkan hasil uji t hitung, thitung = (5,16) dan ttabel = (2,01). Maka thitung (5,16) > ttabel (2,01) menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5 % dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, Hasil Belajar
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:05
Last Modified: 13 Oct 2017 07:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4521

Actions (login required)

View Item View Item