Penerapan Pendekatan Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh

Indah, Nurfadillah and Muhammad, Muttaqin and Milla, Listiawati (2017) Penerapan Pendekatan Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh. http://digilib.uinsgd.ac.id, Penerapan Pendekatan Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh.

[img]
Preview
Text
Jurnal Indah Nurfadillah_ 1132060032_ Pend.Biologi_.pdf

Download (595kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsgd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi pendahuluan di SMA Mekar Arum Cinunuk yang memperoleh data bahwa pembelajaran seringkali disampaikan menggunakan metode ceramah, sehingga hasil pembelajaran kurang optimal khususnya dalam pembelajaran biologi. Dipilihlah pendekatan Accelerated Learning merupakan pembelajaran menjadi lebih efektif dalam belajar (menciptakan pengetahuan baru) dan berkomunikasi dengan orang lain (bertukar pengetahuan baru). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan Accelerated Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan lembar observasi, tes (pretest dan posttest), dan angket. Hasil penelitian menggunakan pendekatan Accelerated Learning menunjukkan nilai rata-rata pretest 26,5 dan posttest 75,36, sedangkan yang tanpa menggunakan pendekatan Accelerated learning, rata-rata pretest 20,96 dan posttest 45,7. Dengan diperoleh N-gain dari kelas eksperimen 0,66 (kriteria sedang) dan kelas kontrol 0,33 (kriteria sedang). Berdasarkan uji t 2 diperoleh nilai thitung = 2,16 dan ttabel= 1,99. Maka thitung>ttabel, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan pendekatan Accelerated Learning pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Accelerated Learning, Hasil Belajar
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:09
Last Modified: 13 Oct 2017 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item View Item