Efektivitas penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahun anggaran 2020 dalam upaya membantu perekonomian masyarakat miskin terdampak Covid-19 di Desa Haruman Kecamatan Leles Kabupaten Garut

Wasillah, Ghina (2021) Efektivitas penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahun anggaran 2020 dalam upaya membantu perekonomian masyarakat miskin terdampak Covid-19 di Desa Haruman Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada turunanya perekonomian negara dan masyarakat, akibatnya masyarakat miskin yang rentan akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari- hari, untuk itu masyarakat membutuhkan bantuan dari pemerintah. Dalam Peraturan Menteri Desa PDDT Nomor 6 Tahun 2020 dan PMK Nomor 50 tahun 2020 dijelaskan bahwa dalam rangka penanggulangan Covid-19, penggunaan dana desa diprioritaskan untuk BLT Dana Desa yang diperuntukan bagi masyarakat miskin yang perekonomiannya terdampak wabah Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Penyaluran BLT-DD Tahun Anggaran 2020 dalam Upaya Membantu Perekonomian Masyarakat Miskin Terdampak Covid-19 di Desa Haruman Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Peneliti ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Kemudian untuk menentukan subjek penelitian, peneliti menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi (studi lapangan), wawancara dan dokumentasi. Lokus penelitian dilakukan di Desa Haruman kecamatan Leles Kabupaten Garut sedangkan fokus penelitian adalah efektivitas penyaluran BLT Dana Desa. Adapun dalam proses penelitian dan penyusunan skripsi, Peneliti menggunakan teori efektivitas menurut Makmur (2015). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Efektivitas Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Haruman dikatakan belum efektif, terbukti dari tidak tepatnya waktu penyaluran BLT dana desa kepada masyarakat karena keterlambatasan proses pencairan anggaran dana desa. Kemudian Peneliti menemukan bahwa Pemerintah Desa tidak bersikap transparan sehingga validitas daftar penerima BLT Dana Desa diragukan oleh masyarakat dan berdampak pada ketepatan penerima BLT Dana Desa. Kemudian sasaran penerima BLT Dana Desa kurang tepat, dimana terdapat daftar penerima yang tidak berhak menerima bantuan ini, sedangkan masyarakat yang berhak tidak menerima bantuan. Namun manfaat BLT-DD sangat membantu, khususnya bagi keluarga penerima manfaat bantuan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; BLT-DD; Covid-19
Subjects: Public Finance > Fiscal Policy, Public Borrowing, Debt, Expenditure
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: ghina wasillah
Date Deposited: 20 Oct 2021 13:06
Last Modified: 20 Oct 2021 13:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45220

Actions (login required)

View Item View Item