Nadia, Epita Dwi (2021) Pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap motivasi beragama peserta didik : Penelitian di kelas XI SMAN 01 Bjongsoang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (632kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di dalam kelas yang cenderung monoton dan memaksa peserta didik untuk menghafal dan menimbun informasi yang mengakibatkan banyaknya peserta didik yang berprilaku tidak sesuai dengan norma Agama. Berdasarkan fenomena tersebut, maka seorang pendidik perlu mendesain ulang proses pembelajaran agar peserta didik mempunyai motivasi beragama dalam kehidupannya. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang 2) Realitas Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang 3) Pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang. Penelitian ini diasumsikan bahwa Contextual Teaching And Learning mempunyai pengaruh terhadap Motivasi Beragama peserta didik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning maka semakin tinggi Motivasi Beragama peserta didik. Begitu pun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif, dan jenis data korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sampel sebanyak 30 responden di Kelas XI SMAN 01 Bojongsoang. Analisis data kedua variabel dilakukan dengan menggunakan metode statistika, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Realitas pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang termasuk kepada kategori tinggi dengan koefisien 3.91, 2) Realitas Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang termasuk kepada kategori tinggi dengan koefisien 4.12, dan 3) Hubungan antara pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap Motivasi Beragama peserta didik adalah a) Mempunyai nilai korelasi dengan koefisien 0.99 berkisar antara 0.80-1.00 yang dapat dikategorikan kedalam korelasi positif yang sangat kuat b) Hipotesisnya diterima karena T hitung 38 ≥ T tabel 2.05, c) Dapat disimpulkan bahwa Contextual Teaching And Learning mempunyai derajat pengaruh sebesar 98.01% terhadap Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang. Angka tersebut mengisyaratkan bahwa pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang sebesar 98.01% dan lainnya dipengaruhi oleh hal lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; Contextual Teaching And Learning; Motivasi Beragama; Peserta Didik |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Epita Dwi Nadia |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 23:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 23:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45243 |
Actions (login required)
View Item |