Implementasi manajemen pondok pesantren dalam mengembangkan minat dan bakat santri: Penelitian di Pondok Pesantren Kaligrafi Al-Qur'an Lemka Kota Sukabumi

Nur'azizah, Eneng Nisa (2021) Implementasi manajemen pondok pesantren dalam mengembangkan minat dan bakat santri: Penelitian di Pondok Pesantren Kaligrafi Al-Qur'an Lemka Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Text (COVER).pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Kaligrafi Al-Qur’an Lemka merupakan satu-satunya pesantren kaligrafi yang berada di Kota Sukabumi, yang berdiri pada 9 Agustus 1998, pondok pesantren ini menjadi pesantren pertama di Indonesia yang mengembangkan pendidikan dan latihan pada bidang seni kaligrafi, pesantren ini mencetak santri yang mahir dalam seni kaligrafi yang sudah mendunia, serta mampu melahirkan lebih dari 6000 orang guru, kader, penulis dan tenaga profesional di bidang kaligrafi. Pesantren kaligrafi Al-Qur’an Lemka memiliki cita-cita yaitu untuk membumikan kaligrafi di Nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program yang dilakukan Pondok Pesantren Kaligrafi Al-Qur’an Lemka, pengorganisasian pengurus, pelaksanaan program sebagai bukti eksistensi dalam mengembangkan minat dan bakat santri, serta pengawasan sebagai bentuk komitmen pengurus dalam mengimplementasikan manajemen di Pondok Pesantren. Dalam mengembangkan minat dan bakat santri salah satu hal yang harus dilakukan yaitu dengan menerapkan manajemen yang baik, sebagaimana menurut George R. Terry, manajemen merupakan proses yang terdiri dari aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan oleh sumber daya yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi sebagai proses pembuktian bahwa adanya manajemen pondok pesantren dalam mengembangkan minat dan bakat santri di Pondok Pesantren Kaligrafi Al-Qur’an Lemka. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Kaligrafi Al-Qur’an Lemka Kota Sukabumi dapat ditarik kesimpulan bahwa Pondok Pesantren yang berbasis kaligrafi ini merupakan Pesantren dengan manajemen yang cukup baik, perencanaan yang sudah disusun dengan baik dengan adanya rapat tahunan untuk membahas program kegiatan, pengorganisasian dan penempatan individu sesuai dengan keahlian dan kinerja yang lebih efektif dan efisien, pelaksanaan program yang bersifat terus menerus mulai dari program harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, serta pengawasan yang dilakukan secara ketat dengan adanya pengawasan internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pondok Pesantren; Minat; Bakat.
Subjects: General Management
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Eneng Nisa Nur'azizah
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:33
Last Modified: 21 Oct 2021 07:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45251

Actions (login required)

View Item View Item