Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia: Analisis ilmu pendidikan Islam

Hazanah, Fadhilah Nur (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia: Analisis ilmu pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Terbentuknya akhlak mulia dapat dilakukan melalui pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak merupakan inti dari pendidikan Islam, dengan demikian pendidikan akhlak menjadi suatu hal penting yang harus dilakukan. Pendidikan akhlak dapat menjadi sebuah solusi maupun tindakan preventif agar terbentuknya akhlak mulia pada peserta didik. Pembentukan akhlak mulia pada peserta didik dapat dilakukan melalui penanaman nilai-nilai akhlak dengan pemanfaatan karya sastra berupa novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Sinopsis novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia 3) Analisis Ilmu Pendidikan Islam terhadap nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Pendidikan akhlak merupakan suatu proses pembinaan prilaku atau budi pekerti yang diharapkan agar seseorang berprilaku baik atau berakhlak baik. Nilai-nilai pendidikan akhlak itu meliputi akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap diri sendiri, serta akhlak terhadap sesama manusia. Pada penelitian ini nilai-nilai tersebut dianalisis dengan menggunakan Ilmu Pendidikan Islam untuk diketahui bagaimana kaitan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi dan jenis penelitian kepustakaan atau library reasearch. Sumber primer dalam penelitian ini berupa novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia dan sumber sekundernya yaitu buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Sinopsis novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia yaitu Rara seorang gadis cilik bermimpi ingin memiliki jendela minimal satu saja di rumahnya, namun dalam mewujudkan mimpinya banyak sekali rintangan sehingga tak mudah untuk mewujudkannya, sampai pada suatu waktu impiannya terwujud dengan cara yang tidak pernah disangka-sangka. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Rumah Tanpa Jendela, diantaranya: a) Akhlak kepada Allah SWT mencakup nilai tawakal, beribadah, bersyukur, berdoa, ar-raja’ (pengharapan), husnudzan (berbaik sangka) dzikir, bertaubat, al-haya (rasa malu), dan ikhlas. b) Akhlak terhadap diri sendiri, mencakup nilai menjauhi perbuatan dan perkataan sia-sia. menambah pengetahuan, dan menepati janji. c) Akhlak terhadap sesama manusia, mencakup nilai memberi nasehat, belas kasihan atau sayang, rasa persaudaraan, sopan santun, memberi pertolongan, dan suka memaafkan. 3) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel rumah tanpa jendela termasuk ke dalam materi pendidikan Islam khususnya pada materi pendidikan akhlak dan novel Rumah Tanpa Jendela dapat menjadi media dalam pendidikan akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak; Novel Rumah Tanpa Jendela; Ilmu Pendidikan Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadhilah Nur Hazanah
Date Deposited: 26 Oct 2021 05:01
Last Modified: 26 Oct 2021 05:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45271

Actions (login required)

View Item View Item