Kontribusi kehadiran pasar tradisional dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kelas menengah ke bawah: Studi deskriptif di pasar tradisional Limbangan Kp. Sindang Anom Desa Limbangan Tengah Kabupaten Garut

Munawwar, Rijal Salim (2021) Kontribusi kehadiran pasar tradisional dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kelas menengah ke bawah: Studi deskriptif di pasar tradisional Limbangan Kp. Sindang Anom Desa Limbangan Tengah Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover_rijalsalimmunawwar.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak_rijalsalimmunawwar.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi_rijalsalimmunawwar.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1_rijalsalimmunawwar.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2_rijalsalimmunawwar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3_rijalsalimmunawwar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4_rijalsalimmunawwar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka_rijalsalimmunawwar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Pasar tradisional merupakan jenis pasar yang terus berkembang ditengah kehidupan masyarakat. Sehingga, tak sedikit masyarakat yang menggelluti dunia perdagangan di pasar sebagai upaya meningkatkan kualitas perekonomiannya. pasar tradisional telah memberi kontribusi kepada masyarakat kelas menengah ke bawah, melalui tahapan pengembangan ekonomi masyarakat di pasar tradisional. Namun, tidak semua masyarakat pula bisa berjualan di area pasar. Hal tersebut disebabkan karena nyatanya pasar yang harus membuka lahan kios dengan harga sewa yang cukup tinggi, juga lemahnya manajemen dan peran pemerintah dalam mendorong kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan jual-beli di area pasar. Dan salah satu pasar yang memiliki kegiatan dalam meningkatkan ekonomi sekaligus upaya memberdayakan masyarakat Kampung Sindang Anom Rw 02, Desa Limbangan Tengah, Kecamatan Blubur Limbangan, Kabupaten Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi perekonomian dan kesejahteraan pelaku pasar asal Kampung Sindang Anom, kemudian Prospek ekonomi dan kesejahteraan pelaku pasar Asal Kampung Sindang Anom. Penelitian ini didasarkan pada teori Kontribusi oleh Soerjono Soekanto. Teori ini menjelaskan bahwa kontribusi merupakan upaya membantu suksesnya sebuah kegiatan melalui iuran baik berupa tenaga maupun dana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, adanya peningkatan perekonomian bagi masyarakat kelas menengah kebawah, mengingat prospek usaha yang menjanjikan di Pasar Tradisional Limbangan dengan konsumen yang terbilang cukup banyak, dan banyak memberi keuntungan bagi para pelaku pasar. Kedua, terciptanya kebahagian ditengah pelaku pasar pasca mengalami peningkatan perekonomian yang sangat pesat, sehingga pelaku pasar menjadikan pasar tradisional sebagai asset usaha bagi mereka.Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari Kontribusi masyarakat dan pemerintah yang bekerja sama dengan memegang prinsip keberlanjutan (sustainable), serta didukung dengan sumber daya yang ada. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dalam mencapai kemaslahatan dan kemandirian bagi masyarakat pelaku Pasar Tradisional Limbangan, melalui partisipasi dari berbagai kalangan dalam pemanfaatan prospek yang ada, dengan tetap menjaga keseimbangan dan kesinambungannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi; Pasar Tradisional Limbangan; meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan; Masyarakat Kelas Menengah ke Bawah.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Curricula > Curriculum Development
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Special Development of Light
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rijal Salim Munawwar
Date Deposited: 22 Oct 2021 16:32
Last Modified: 22 Oct 2021 16:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45304

Actions (login required)

View Item View Item