Azizah, Rina Nur (2021) Implementasi pendidikan karakter pada kajian kitab Riyadhushalihin karya Imam Nawawi dalam membentuk karakter santri : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Ihsan Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren memiliki peran sebagai lembaga pendidikan yang bergerak pada pembinaan akhlak. Kurikulum yang dirancang dipondok pesantren dalam menanamkan nilai-nilai yang terdapat dalam sumber belajar yang dikaji, salah satunya kitab Riyadhushalihin karya Imam Nawawi. Salah satu lembaga yang mengupayakan dalam pengimplementasian pendidikan karakter ialah Pondok pesantren Al Ihsan. Pondok pesantren Al Ihsan membentuk santrinya menjadi seseorang yang memiliki karakter yang baik. Tujuan dalam Penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) Perencanaan pendidikan karakter pada kitab Riyadhushalihin di pondok Pesantren Al Ihsan 2) Implementasi pendidikan karakter dalam KitabRiyadhushalihin dopondok pesantren Al Ihsan 3) Implikasi Pendidikan Karakter yang bersumber pada Kitab Riyadhushalihin 4) faktor pendukung serta faktir penghambat pengimplementasian pendidikan karakter dalam kajian kitab Riyadhushalihin dipondok pesantren Al Ihsan. Landasan teori dalam penelitian ini ialah teori dari Thomas Lickona yang mnegatakan bahawa tahapan yang dilewati dalam penanaman karakter ialah Moral Khowing, Moral Loving dan Moral doing. Penelitian ini menguunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan data sekunder. Terknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancaram observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah dengan mereduksi data, mendisplay data dan menverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) perencanaan pendidikan karakter yang bersumber Kitab Riyadhushalihin dipondok pesantren Al Ihsan ini terpaku pada dua konsep ialah bathin yang bersih, baik itu secara bathin ataupun lahiriyah; 2) pengimplementasian pendidikan karakter dipondok pesantren Al Ihsan ini ialah proses penyerapan nilai yang disosialisasikan dengan dilakukan secara langsung dan tidak langsung, yang didukung dengan menggunakan beberapa program serta diakannya reward serta punishment 3) Implikasi Pendidikan Karakter yang bersumber pada Kitab Riyadhushalihin terfokus terdapat pemahaman santri terhadap konsep lima jiwa yang bersifat aplikastif yang harus dilaksanakan oleh santri itu sendiri 4) faktor pendukung nya ialah potensi yang dimiliki oleh santri, bakat, tujuan pendidikan, pengajar, sarana-prasarana, kurikulum, materi, metode, media serta dukungan moral dan dibentuknya kepengurusan. Adapun faktor yang menghambatnya ialah minat santri yang kurang, usia santri, kurangnya kontroling, serta kurangnya dukungan dari mayarakat sekitar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Santri; Pondok Pesantren; Pendidikan Karakter |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia Al-Hadits dan yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rina Nur Azizah |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 06:04 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45335 |
Actions (login required)
View Item |