Bahasa jurnalistik pada media kampus : Analisis penggunaan bahasa jurnalistik pada Headline Rubrik Kampusiana suakaonline.com edisi oktober - desember 2020

Syahaqy, Rizky (2021) Bahasa jurnalistik pada media kampus : Analisis penggunaan bahasa jurnalistik pada Headline Rubrik Kampusiana suakaonline.com edisi oktober - desember 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Penulisan judul berita pada portal berita online mainstream maupun komunitas, terdapat hal yang harus diperhatikan, yakni bahasa jurnalistik. Salah satu media online pada lingkup kampus adalah LPM Suaka yang merupakan media internal Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Portal berita online milik LPM Suaka yaitu suakaonline.com banyak dibaca oleh mahasiswa UIN SGD Bandung maupun masyarakat luar kampus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan bahasa jurnalistik dalam penulisan judul berita rubrik Kampusiana suakaonline.com edisi OktoberDesember 2020. Penelitian ini menggunakan konsep penulisan judul berita Abdul Chaer, dalam konsep yang dikemukakan Abdul Chaer terdapat tiga hal yang menjadi acuan dalam menulis judul berita, yaitu penggunaan prefiks, ketepatan makna, dan pemilihan kalimat menarik, singkat, serta padat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaah deskriftif analisis dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode deskripsti analisis data yang didapat dituangkan tidak dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk uraian kata ataupun kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa judul berita pada rubrik Kampusian suakaonline.com edisi Oktober-Desember 2020 belum sepenuhnya menerapkan konsep kaidah bahasa jurnalistik penulisan judul berita Abdul Chaer, terutama dalam penggunnaan prefiks dan pemilihan kalimat menarik, singkat serta padat. Sedangkan ketepatan makna pada judul berita tersebut berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hampir sepenuhnya sesua dengan konsep penulisan judul berita Abdul Chaer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Judul Berita; LPM Suaka
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rizky Syahaqy
Date Deposited: 25 Oct 2021 22:20
Last Modified: 25 Oct 2021 22:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45366

Actions (login required)

View Item View Item