Haqi, Rozadira and Susilawati, Wati and Juariah, Juariah (2017) Analisis perbandingan penalaran kreatif soal ujian nasional matematika tahun 2016 tingkat sekolah lanjutan atas. Jurnal Analisa Snta 3 ( Analisis Perbandingan Penalaran Kreatif Soal Ujian Nasional Matematika Tahun 2016 Tingkat Sekolah Lanjutan Atas), 3 (2). pp. 148-156. ISSN p-ISSN : 2549-5135 e-ISSN : 2549-5143
|
Text
Analisis Perbandingan Penalaran Kreatif Soal Ujian Nasional.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kandungan penalaran kreatif berdasarkan kerangka kerja penalaran Johan Lithner dalam soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA jurusan MIPA Tahun Ajaran 2015/2016, implementasinya terhadap siswa kelas 11 MIPA MAN 2 Bandung dan SMAN 26 Bandung, serta kendala dan hambatan guru dan siswa dalam menghadapi soal penalaran kreatif. Data yang diperoleh berasal dari instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a) Soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA jurusan MIPA Tahun Ajaran 2015/2016 mengandung sebagian kecil soal penalaran kreatif; (b) Kemampuan penalaran kreatif siswa kelas 11 MIPA MAN 2 Bandung dan SMAN 26 Bandung masih kurang; (c) Kendala utama guru dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan soal penalaran kreatif adalah kurangnya waktu untuk memenuhi materi yang harus dikuasai siswa; (d) Kendala utama siswa dalam mengerjakan soal penalaran kreatif adalah kurangnya kepercayaan diri mereka dalam mengerjakan soal
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran Kreatif; Ujian Nasional |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wati Susilawati |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 06:21 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 06:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45408 |
Actions (login required)
View Item |