Peran terapi alam terhadap temper tantrum: Studi kasus kepada anak disabilitas di Rumah Stimulasi kota Bandung

Absori, Muhamad Reza (2021) Peran terapi alam terhadap temper tantrum: Studi kasus kepada anak disabilitas di Rumah Stimulasi kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Tumbuh dan berkembang pada seorang anak adalah suatu hal yang alamiah. Namun, berbeda-beda pada setiap anak masa pertumbuhan dan perkembangannya. Ada beberapa anak yang mengalami gangguan pada tugas perkembangannya. Anak yang mengalami gangguan biasanya sering disebut disabilitas. Sering kali anak penyandang disabilitas menjadi temper tantrum atau merasa panik tiba-tiba. Mereka cenderung sulit sekali untuk mengontrol emosinya yang akhirnya mereka luapkan dengan cara menyakiti diri sendiri, menangis atau bahkan berteriak. Adapun Rumah Stimulasi Kota Bandung yang terletak di Cibiru, mengembangkan pendekatan terapi alam untuk mengatasi Temper Tantrum pada anak disabilitas, dimana penerapan metode terapi ini masih terbilang jarang dilakukan terhadap anak disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui gambaran kondisi temper tantrum anak disabiltas di Rumah Stimulasi Kota Bandung. Mengetahui metode terapi alam yang dilakukan rumah stimulasi kepada anak disabilitas. Mengetahui dampak penerapan terapi alam terhadap Temper Tantrum pada anak disabilitas di Rumah Stimulasi Kota Bandung. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel klien yang diteliti adalah 4 anak disabilitas dengan jenis disabilitas Autism Spectrum Disorder (ASD) dan Attention Deficit Hiperactife Disorder (ADHD). Setiap data yang didapatkan, lalu dianalisis dengan cara reduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gambaran temper tantrum pada anak disabilitas di Rumah Stimulasi bermacam-macam dan dikelompokan menjadi tiga jenis yaitu yang pertama, temper tantrum yang hanya sekedar menangis saja karena tidak mau untuk belajar sehingga manipulative tantrum ini dijadikan alasan. Kedua, Temper Tantrum yang disebabkan karena frustasi akibat kesusahan dalam menyampaikan apa yang diinginkannya dan ini disebut verbal frustration. Ketiga, jenis Temper Tantrum yang temperamental. Ketika Temper Tantrum, sering menghancurkan barang bahkan sampai melukai orang lain. Metode terapi alam yang digunakan di Rumah Stimulasi dinamakan dengan Manglayang Forest Bathing (MAFOBA). Rumah Stimulasi menggunakan metode terapi alam sebagai salah satu intervensi terapi perilaku bagi anak disabilitas bertujuan untuk mengontrol emosi agar menjadi lebih tenang dan mengurangi Temper Tantrum. Alam menjadi media untuk melatih perkembangan emosi dan motorik anak dengan memanfaatkan sumber daya yang berada di alam. Terapi alam atau forest bathing di Rumah Stimulasi dikolabrasikan dengan breathing, yoga, hiking, earthing, play, relaksasi hammock, aroma terapi, meditasi, dan salat berjamaah. Dampak yang muncul setelah dilakukan terapi alam yaitu ditandai dengan adanya perubahan perilaku atau Behaviour sehingga anak menjadi lebih tenang, bisa mengendalikan emosinya agar tidak terjadi temper tantrum, juga membuat anak menjadi bisa diarahkan ketika diberikan intruksi atau perintah, dan kefokusan anak menjadi lebih lama pada saat belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terapi alam; Disabilitas; Temper tantrum
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhamad Reza Absori
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:25
Last Modified: 29 Oct 2021 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45409

Actions (login required)

View Item View Item