Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap Spiritualitas Muallaf : Penelitian di Masjid Lautze 2 Jalan Tamblong no. 27 Kota Bandung

Saripudin, Arip (2021) Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap Spiritualitas Muallaf : Penelitian di Masjid Lautze 2 Jalan Tamblong no. 27 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena konversi agama suatu proses perubahan sosial, spiritual, serta ideologi kehidupan seseorang. Muallaf atau yang melakukan konversi agama menjadi muslim diibaratkan seorang bayi yang belum mengetahui mengenai islam, sehingga membutuhkan bimbingan agar membuat keyakinannyaa teguh. Menurut Sutoyo (2013) bimbingan keagamaan ialah membantu individu mengembangkan atau memulihkan keimanan, sehingga menjadikan fitrah yang ada berkembang dan berfungsi. Muallaf Merupakan mereka yang mengucapkan dua kalimat syahadat serta termasuk kedalam komunitas muslim yang membutuhkan bimbingan dan perhatian dari orang-orang yang lebih paham tentang Islam. melakukan konversi agama yang mencakup perkembangan arah spiritual serta prilaku beragama mengalami perubahan yang sangat besar, perubahan yang dialami bisa terjadi sangat dangkal maupun sangat dalam dan dapat terjadi secara bertahap. Konversi agama akan sangat erat kaitannya dengan masalah psikologis serta pengaruh lingkungan. Penelitian ini dilakukan di Masjid Lautze 2 Kota Bandung, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan keagamaan di Masjid Lautze 2 Kota Bandung serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan keagamaan terhadap spiritualitas Muallaf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitaif dengan penlitian Case and Effect. Penulis menggunakan sampel Purposive random Sampling yaitu sebanyak 40 Sampel Muallaf dengan ketentuan yang mengikuti kegiatan Bimbingan keagamaan di Masjid Lautze 2 Kota Bandung, kemudian dalam menghimpun data menggunakan angket yang disebar kepada 40 Muallaf, hasil dari angket tersebut kemudian di analisis menggunakan teknik regresi linear sederhana melalui aplikasi SPSS 26. Dari hasil penelitian dapat bahwa terdapat pengaruh yang signifika antara bimbingan keagamaan terhadap spiritualitas Muallaf. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana atau hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa bimbingan keagamaan (X) berpengaruh terhadap spiritualitas Muallaf (Y), dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari alpha 0.005 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh Bimbingan keagamaan (X) terhadao spiritualitas Muallaf (Y). Dengan besarnya pengaruh bimbingan keagamaan terhadap spiritualitas Muallaf ialah sebesar 48%. Bimbingan keagamaan sangat perlu diikuti muallaf sebagai bentuk pembinaan, dengan hasil penlitian yang menunjukan pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 48%, bimbingan keagamaan bisa mengembangkan spiritualitas muallaf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Spiritualitas; Muallaf
Subjects: Parapsychology and Occultism > Spiritualism
Culture and Institutions > Religious Institution
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Arip Saripudin
Date Deposited: 26 Oct 2021 06:08
Last Modified: 26 Oct 2021 06:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45453

Actions (login required)

View Item View Item