Ardiansyah, Wilman Taupik (2021) Pengembangan media Leaflet untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem Ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran, menganalisis peningkatan penguasaan konsep siswa, dan menganalisis kendala penggunaan media pembelajaran leaflet pada materi sistem ekskkresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 3D (Define, Design, dan Development). Penelitian dilaksanakan di MAN 4 Garut pada peserta didik kelas XI MIA 2 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan presentase lembar validasi, uji nilai gain ternormalisasi (N-gain), serta analisis deskriptif angket kendala penggunaan media pembelajaran pada peserta didik. Hasil penelitian menujukkan, 1. Karakteristik media leaflet yang ditambahkan video dan gambar membuat siswa mudah memahami konsep dengan mudah. 2. Penggunaan media pembelajaran leaflet mampu meningkatkan aspek kognitif peserta didik dengan nilai n-gain tertinggi terletak pada indikator C2 (Menjelaskan) yaitu nilai 0,71 dengan kategori tinggi dan terendah ada pada C3 (Menentukan) dan C6 (Mendiagnosis) dengan nilai 0,58 kategori sedang, 3. kendala dalam penggunaan media pembelajaran ini adalah media perlu menggunakan dua perangkat untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa lebih mudah memahami konsep dengan menggunakan media leaflet.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | leaflet; penguasaan; konsep; sistem ekskresi |
Subjects: | Christianity > Education, Research Specific Physiological Systems in Animals > Endocrine and Excretory System of Animals |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Wilman Taupik Ardiansyah |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 01:13 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 01:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45460 |
Actions (login required)
View Item |