Mutiara KH, Shela (2021) Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa MI pada mata pelajaran matematika : Studi deskriptif kuantitatif pada siswa MI kelas V MI Darul Kirom Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
Abstract
Analisis kemampuan pemahaman matematis menjadi salah satu masalah dalam pendidikan, begitu pula yang terjadi pada masa ini. Pada masa ini pendidikan mengalami perubahan besar dalam sistem pembelajaran dimana pembelajaran pada era pamdemi ini menuntut semua element pendidikan bekerja keras menjalankan pendidikan secara daring. Kemampuan Pemahaman menjadi dasar atas kemampuan yang harus dimiliki. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut memerlukan bantuan dari berbagai pihak terutama penggerak pendidikan. Adapun hasil analisa pengamatan pada studi pendahuluan yaitu bahwa terdapat siswa yang baru sampai pada tahap indikator penerapan algoritma yang sederhana yang sesuai dengan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa pada mata pelajaran matematika, kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menjelaskan kembali konsep, kemampuan menerapkan konsep secara algoritma, dan kemampuan mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika). Serta untuk mengetahui indikator yang paling sulit dan paling mudah dihadapi siswa yang berhubungan dengan kemampuan pemahaman matematis. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas V di MI Darul Kirom Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemahaman matematis matematis. Hasil penelitian ini, yaitu 1) Kemampuan pemahaman matematis siswa tinggi dengan rata-rata yang diperoleh 73 dari 20 siswa, 2) Indikator kemampuan pemahaman matematis pada kategori rendah adalah indikator kemampuan menerapkan konsep secara algoritma dengan memperoleh skor rata-rata 2.45 dengan persentase 37.5%, 3) Indikator kemampuan mengungkapkan ulang sebuah konsep yang telah dipelajari memperoleh skor rata-rata 3.25 dengan persentase 60% dengan kategori terendah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Matematis |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Shela Mutiara KH |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 04:56 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 04:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45500 |
Actions (login required)
View Item |