Tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring pendidikan agama Islam hubungannya dengan hasil belajar kognitif : Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Pasundan Banjaran Kab. Bandung

Rahmayadi, Tirani (2021) Tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring pendidikan agama Islam hubungannya dengan hasil belajar kognitif : Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Pasundan Banjaran Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran daring di kelas X SMA Pasundan Banjaran lebih memfokuskan diri dalam segi penggunaan metode pembelajaran dibandingkan media untuk mencapai kompetensi yang telah dirumuskan. Hal tersebut dilatar belakangi oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran daring dengan berbagai pertimbangan seperti ekonomi, jaringan, sarana prasarana yang mendukung dan lain sebagainya. Studi pendahuluan dan pengamatan yang dilakukan di kelas X SMA Pasundan Banjaran menunjukan bahwa tanggapan siswa terhadap metode-metode yang digunakan selama pembelajaran daring tergolong cukup beragam dalam proses penerimaannya, baik itu penerimaan dalam kategori positif maupun negatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu; 1) untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di SMA Pasundan Banjaran, 2) untuk mengetahui hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa di SMA Pasundan Banjaran, 3) untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam dengan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini berangkat dari pemahaman bahwa tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Pasundan Banjaran sangat beragam, baik ragam yang positif maupun ragam negatif sesuai dengan rangsangan yang diberikan, dalam kasus ini rangsangan tersebut adalah metode pembelajaran daring. Sedangkan salah satu teori mengenai hasil belajar menyebutkan bahwa faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar di antaranya adalah strategi dan metode pembelajaran. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan analisis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket, dan juga tes. Adapun untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa analisis statistik untuk data-data kuantitatif dan analisis logika atau penafsiran untuk data-data kualitatif. Realitas tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring di kelas X SMA Pasundan Banjaran termasuk ke dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata akhir 4,14 karena berada pada daerah interval 3,6 – 4,5. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI termasuk ke dalam kategori cukup dengan skor akhir rata-rata 75,1 karena berada dalam interval 70 – 79. Adapun kedua variabel tersebut memiliki hubungan positif yang signifikan ditunjukan dengan hasil uji hipotesis thitung (13,29) ≥ ttabel (2,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,93 berkisar antara 0,91-1,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Pasundan Banjaran berhubungan sangat tinggi terhadap hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran daring; Hasil belajar kognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tirani Rahmyadi
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:25
Last Modified: 01 Nov 2021 01:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45630

Actions (login required)

View Item View Item