Pengelolaan Media Relations Humas Pemkab Bandung melalui Program Ngawangkong dalam upaya menjaga citra: Studi deskriptif pada Humas Pemkab Bandung

Syahirah, Sarah (2021) Pengelolaan Media Relations Humas Pemkab Bandung melalui Program Ngawangkong dalam upaya menjaga citra: Studi deskriptif pada Humas Pemkab Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Pemkab Bandung menyadari akan pentingnya media relations terhadap program Ngawangkong. Media Relations menjadi salah satu program yang dilakukan oleh individu atau humas untuk menjalin hubungan baik dengan media massa untuk mecapai organisasi yang baik bersifat membangun lingkungan serta keadaan sosial yang baik untuk masyrakat namun memiliki memiliki tujuan lain juga yaitu untuk membangun opini atau citra yang baik di pandangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara humas Pemkab Bandung dalam pencarian fakta, perencanaan dalam pengelolaan program Ngawangkong, hingga melakukan evaluasi hasil pengelolaan program tersebut. Konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Four Step Public Relations yang membahas mengenai empat tahap kerja yang dibutuhkan dan sering digunakan oleh seorang Public Relations. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengelolaan media relations Humas Pemkab Bandung melalui Program Ngawangkong ini meliputi empat tahap pengelolaan yaitu : 1) Fact Finding yang dilakukan oleh Humas Pemkab Bandung ialah melakukan pembahasan secara mendalam bersama perangkat daerah; 2) Planning yang dilakukan oleh Humas Pemkab Bandung ialah melibatkan staf humas dan insan pers; 3) Action and communicating yang dilakukan oleh Humas Pemkab Bandung ialah melakukan aspek koordinassi yang baik dan sistematis; dan 4) Evaluating yang dilakukan oleh Humas Pemkab Bandung ialah menganalisis kekurangan dan kelebihan program yang dilakukan baik sebelum kegiatan, pada saat pelaksanaan kegiatan, hingga akhir kegiatan. INGGRIS : Bandung regency government is aware of the importance of media relations to the Ngawangkong program. Media Relations is one of the programs carried out by individuals or public relations to establish good relations with the mass media to achieve a good organization that builds a good environment and social conditions for the community but has another goal as well, namely to build a good opinion or image in the eyes Public. This study aims to find out how the Bandung Regency Government's PR in fact finding, planning in managing the Ngawangkong program, to evaluating the results of managing the program. The theoretical concept used in this research is the concept of Four Step Public Relations which discusses the four stages of work needed and often used by a Public Relations. The approach used in this study is a descriptive analysis approach. The results of this study indicate that the management of Bandung Regency Government Public Relations media relations through the Ngawangkong Program includes four stages of management, namely: 1) Fact Finding carried out by Bandung Regency Government Public Relations is conducting in-depth discussions with regional officials; 2) Planning carried out by the Public Relations of the Bandung Regency Government is to involve public relations staff and members of the press; 3) Action and communicating carried out by the Bandung Regency Government Public Relations is to carry out good and systematic aspects of coordination; and 4) Evaluating carried out by Public Relations of the Bandung Regency Government is to analyze the weaknesses and strengths of the program carried out both before the activity, during the implementation of the activity, until the end of the activity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Media Relations; Four step Public relations; Ngawangkong;
Subjects: Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Sarah Syahirah
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:52
Last Modified: 01 Nov 2021 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45640

Actions (login required)

View Item View Item