Sifat orang mukmin dalam Al Quran : Kajian tematik

Albanani, Dilla Jamal Nurdin (2021) Sifat orang mukmin dalam Al Quran : Kajian tematik. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an seringkali membicarakan tentang manusia yang merupakan salah satu ciptaan Allah yang sangat menarik , Manusia memiliki perilaku kehidupan atau amal yang beragam, tidak dapat dipungkiri bahwa sikap seseorang manusia mukmin memiliki dinamika dan paradigma. Seorang mukmin selalu dipengaruhi atas kondisi sosial, politik, budaya yang melatarbelakanginya menjadi insan kamil (manusia sempurna), keimanan seorang mukmin memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan dan keberagaman seseorang manusia, maka dari itu seorang mukmin tidak cukup bila hanya sekedar mengucapkan lewat lisan semata, akan tetapi seorang mukmin yang memiliki keimanan sejati perlu penghayatan dalam hati, dan diaplikasikan dalam kehidupan nyata di masyarakat. Cukup banyak sekali Al-Qur’an memaparkan sifat orang mukmin dan banyak ayat yang menjelaskan tentang sifat orang mukmin dalam Al-Qur’an menjadikan begitu besarnya perhatian dan sayangnya Allah kepada orang-orang mukmin. Sedangkan pokok permasalahannya yang diangkat oleh penulis yakni: pertama, 1. Bagaimana gambaran sifat-sifat orang beriman dalam Al-Qur’an Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaiman gambaran Al-Qur’an tentang sifat-sifat orang beriman. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penilitian Kualitatif dengan pendekatan tafsir Maudhu’i, dengan cara memahami Al-Qur’an dan mengumpulkan ayat-ayat yang setema untuk mendaptkan gambaran yang utuh, holistic dan komprehensif mengenai tema yang dikaji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu mengadakan kajian dan menelaah dan menelusuri literature yang berkenaan dengan masalah yang diteliti serta mengumpulkan kitab tafsir dan buku-buku yang berhubungan dengan sifat orang mukmin. Hasil yang ditemukan dari Al-Quran, penulis menemukan beberapa ayat, tentang sifat-sifat orang mukmin diantaranya sifat sabar, syukur, tawakal, taqwa, dan ihsan, yang ditafsirkan melalui beberapa tafsir, salah satunya tafsir fi zhilalil Qur,an yang menyatakan tentang sifat orang mukmin yaitu sabar, sabar dalam taat kepada Allah, sabar dalam meninggalkan maksiat, sabar dalam arti tegar dalam kesulitan karena Allah, sebar atas sedikitnya penolong, sabar atas panjangnya jalan orang yang membuat ragu, sabar atas sulit dan beratnya jiwa, sabar atas beratnya kedurhakaan, dan sabar atas serangan orang-orang yang berpaling.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sifat orang mukmin; Tafsir maudhu'i; Ibnu katsir; Fi zhilalil Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Dilla Jamal Nurdin Albanani
Date Deposited: 01 Nov 2021 06:28
Last Modified: 01 Nov 2021 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45668

Actions (login required)

View Item View Item