Mardhatillah, Syilvia (2021) Hubungan penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual dengan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa pada materi haji dan umrah : Penelitian di kelas IX SMP IT Nurul Imam Kab. Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (668kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya surat edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui daring. Penggunaan gadget di masa pandemi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis aplikasi salah satunya yaitu aplikasi Google Form, hal ini didasari oleh siswa yang cenderung lebih banyak berinteraksi dengan gadget selama pembelajaran daring ini, sehingga tanggapan terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual semakin tinggi. kemudian pada satu sisi, respon siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media audio visual sangat baik. Namun, di sisi lain masih ada siswa yang hasil belajarnya cukup rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual pada materi haji dan umrah di kelas XI SMP IT Nurul Imam 2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa pada materi haji dan umrah 3) Hubungan penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual dengan hasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi haji dan umrah. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu penggunaan media pembelajaran audio visual. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif penggunaan Google Form melalui media audio visual dengan hasil belajar siswa pada materi haji dan umrah di kelas IX SMP IT Nurul Imam Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 30 orang siswa kelas IX SMP IT Nurul Imam dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, angket, dan tes. Adapun teknik analisis data yaitu: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Realitas penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual berkategori baik dengan nilai rata-rata 4,13 yang berada pada interval 3,40-4,19. (2) Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 81,7 berkategori sangat baik, yang berada pada interval 80-100. (3) Hubungan penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual dengan hasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi haji dan umrah berkategori sedang, memperoleh angka koefisien 0,50 yang berada pada interval 0,40 – 0,59. Hasil pengujian hipotesis memperoleh thitung (3,0542)> ttabel (2,05) yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Form; Audio Visual; Hasil Belajar Siswa; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syilvia Mardhatillah |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 01:19 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 01:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45670 |
Actions (login required)
View Item |