Pemberdayaan ekonomi masyarakat pada kelompok budidaya ikan "Warna Tani" di Desa Mulyasari Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap

Sekarwangi, Nurul Hafizhah (2021) Pemberdayaan ekonomi masyarakat pada kelompok budidaya ikan "Warna Tani" di Desa Mulyasari Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada Kelompok Budidaya Ikan “Warna Tani” di Desa Mulyasari Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Peneliti tertarik untuk mengangkat masalah tersebut karena peneliti ingin lebih mengetahui mengenai bagaimana pelaksanaan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh kelompok budidaya ikan Warna Tani di Desa Mulyasari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif studi deskriptif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara terhadap responden. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah Non-probabilitas sample dan dalam pemilihan responden secara purposive sampling. Strategi pengambilan sampel ini dimaksudkan untuk dapat menangkap atau menggambarkan tema sentral dari studi ini melalui informasi yang saling menyilang dari berbagai tipe responden. Fokus dari penelitian ini yaitu pihak pemberdaya kelompok budidaya ikan Warna Tani dan pihak yang membantu pelaksanaan pemberdayaan yaitu Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pemberdayaan dilakukan dengan tahapan, proses, dan strategi. Dalam segi penghasilan, para anggota kelompok budidaya ikan Warna Tani mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan sebelum bergabung dengan kelompok. Meskipun dalam pelaksanaan pemberdayaan mengalami beberapa hambatan seperti harga pakan yang semakin mahal hingga ketidakjelasan cuaca yang dapat mengganggu kondisi air kolam. Namun, para anggota meminimalisir hambatan tersebut dengan cara membuat pakan ikan secara tradisional dan melindungi kolam agar tidak langsung terkena air hujan. Para anggota kelompok berharap usaha yang sedang dijalankan mampu bertahan dengan hasil yang maksimal namun tetap menjaga kualitas bibit ikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Kelompok Budidaya Ikan Warna Tani
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Groups
Social Groups > Groups
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nurul Hafizhah Sekarwangi
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:28
Last Modified: 08 Nov 2021 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45681

Actions (login required)

View Item View Item