Indriani, Dian (2021) Metode pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Taisirul Khalaq fi 'ilmi Akhlak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (587kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari pengkajian kitab klasik yang membahas materi pendidikan akhlak yaitu kitab Taisirul Khalaq fii ‘ilmil akhlak karya syaikh Al-Azhar Mesir yaitu Syaikh Hafidz Hasan Al-mas’udi. Kitab ini merupakan kitab ringkasan dan menjadi salah satu kitab yang dikaji di pesantren-pesantren salafi dan di beberapa madrasah. Tetapi dengan banyaknya kitab-kitab akhlak yang beredar, krisis akhlak masih menjadi teka teki yang belum terselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tujuan pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul Khalaq fii ‘Ilmil Akhlak 2) mengetahui materi pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul Khalaq fii ‘Ilmil Akhlak 3) mengetahui metode pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul Khalaq fii ‘Ilmil Akhlak. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa pendidikan akhlak merupakan sebuah proses pembinaan budi pekerti seseorang sehingga menghasilkan budi pekerti yang baik atau membina akhlak yang tidak baik menjadi baik. Pun dalam penyampainnya, sebuah materi pendidikan dapat kita tempuh dengan mengemasnya menggunakan sebuah metode. Tentu sebelum menentukan metode apa yang akan diterapkan, haruslah jelas tujuan yang akan kita tempuh dalam pendidikan ini, khususnya dalam pendidikan akhlak. karena tujuan pendidikan merupakan salah satu aspek yang menentukan metode apa yang tepat untuk digunakan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode content analysis karena penelitian ini dilakukan pada teks kitab Taisirul Khalaq fii ‘Ilmil Akhlak dengan jenis data kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis yang di dapat dari berbagai sumber seperti buku-buku, jurnal dan lainnya yang berkaitan dengan kepustakaan, kemudian diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dengan mengumpulkan informasi dari kepustakaan yang memiliki relevansi dengan sumber data primer penelitian yaitu kitab Taisirul Khalaq fii ‘Ilmil Akhlak. Teknik analisis data melalui tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yang pertama, tujuan pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab yaitu membentuk manusia yang berakhlak kepada Allah, membentuk manusia yang berakhlak kepada diri sendiri dan manusia yang berakhlak kepada sesama. Materi-materi yang terdapat dalam kitab sebanyak 31 bahasan dan metode pendidikan akhlak yang digunakan oleh pengarang dalam mencapai tujuan pendidikan akhlak yaitu metode Al-Izzah wa an-nush (metode nasihat), Metode as-sawab wa al-‘iqab (pahala dan dosa), metode pembiasaan, Metode perhatian, Metode Uswah (teladan) dan Metode perumpamaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan akhlak; metode pendidikan akhlak; kitab Taisirul Khalaq fii ‘Ilmil Akhlak. |
Subjects: | Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dian Indriani |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 04:27 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 04:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45685 |
Actions (login required)
View Item |