Penerapan Algoritma Sudoku untuk Menangkal Cropping pada Gambar Ber-watermark”

Ridwan Sachroni, Ridwan (2014) Penerapan Algoritma Sudoku untuk Menangkal Cropping pada Gambar Ber-watermark”. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB v)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Watermark merupakan salah satu cara untuk melindungi citra digital dari penyalahgunaan dan sebagai alat untuk membuktikan kepemilikan citra tersebut. Meskipun begitu, seseorang dapat mengambil bagian tertentu dari citra yang tidak terdapat watermark dan menggunakannya tanpa sepengetahuan pemilik citra. Untuk menangkal cropping, banyak skema diajukan oleh para peneliti. Meskipun begitu, beberapa bagian dari citra yang di-crop tidak terdeteksi adanya watermark dikarenakan watermark tidak didistribusikan secara merata. Untuk mengatasi kekurangan metode lain, diajukan skema berbasis sudoku klasik 9 x 9 untuk menyebarkan potongan watermark secara merata di seluruh bagian citra cover. Dalam skripsi ini, sudoku 9 x 9 dengan solusi yang benar diimplementasikan kedalam perangkat lunak watermarking dengan LSB (Least Significant Bit) sebagai metode untuk menyipkan watermark. Metode LSB ini bekerja dengan cara menyisipkan watermark yang telah disebar menggunakan sudoku di bit terakhir dari bilangan biner. Perangkat lunak watermark yang dibangun mempunyai dua (2) fungsi utama, yaitu penyisipan dan ekstraksi watermark. Berdasarkan hasil penelitian dari 10 citra yang telah di-crop, watermark dapat diskstrak dari semua sampel yang diuji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Watermark, Sudoku Klasik 9 x 9, LSB (Least Significant Bit), Cropping, Citra Cover
Subjects: Data Processing, Computer Science
Data Processing, Computer Science > Computers Mathematical Principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:44
Last Modified: 17 Oct 2017 03:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4570

Actions (login required)

View Item View Item