Rahmadi, Aji (2021) Nilai-nilai etika dalam kitab adab Al-‘Alim Wa Al- Muta’allim dan implikasinya terhadap pembentukan perilaku keberagamaan Peserta Didik. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (560kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan berbasis etika, yang mengagungkan nilai-nilai etika semakin sulit ditemukan dalam proses pendidikan dengan munculnya kasus atau pelanggaran etika yang dilakukan oleh guru dan murid. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan liberalisasi budaya adalah sebagian dari faktor-faktor yang mengikis nilai-nilai etika dalam pendidikan, selain itu pendidikan di Indonesia lebih banyak berfokus pada aspek kognitif dan mengenyampingkan aspek afektif. Oleh karena itu, pendidikan berbasis etika sangat diperlukan dalam membentuk perilaku keberagamaan peserta didik. Pendidikan etika dalam pandangan Hasyim Asy’ari bertujuan untuk membina kualitas spiritual pelaku pendidikan, dorongan untuk melakukan kebaikan yang mendatangkan manfaat bagi orang lain, membentuk perilaku yang berakhlakul karimah dan membentuk sumber daya yang unggul dalam bidang pengetahuan serta berkarakter, sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi nilai-nilai etika yang terkandung dalam Adab Al-‘Alim Wa Al- Muta’allim terhadap pembentukan perilaku keberagamaan peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode library reseacrh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, dengan mengumpulkan serangkaian data yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik analisa data yang digunakan adalah content analysis, yaitu menyusun narasi kesimpulan logis dengan langkah identifikasi, klasifikasi, kategorisasi dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukan pendidikan etika yang tertuang dalam risalah tersebut dilatarbelakangi kebutuhan pendidikan dalam mengagungkan nilai-nilai luhur agama, norma sosial dan kehidupan yang bertujuan pembentukan karakter guru dan murid yang berorientasi kepada pemahaman secara holistik ajaran Islam dan konsistensi dalam mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai etika pemikiran Hasyim Asy’ari yang terkandung dalam Adab Al-‘Alim Wa Al- Muta’allim, secara tematik dibagi menjadi tiga bagian, yaitu etika personal guru dan murid, yaitu etika mengenai diri sendiri, etika guru dan murid terhadap pelajaran, yaitu etika yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran dan etika guru dan murid dalam pergaulannya di lingkungan pendidikan. Adapun nilai-nilai etika yang terkandung dalam Adab Al-‘Alim Wa Al- Muta’allim terhadap pembentukan perilaku keberagamaan peserta didik berimplikasi positif terhadap pembentukan perilaku keberagamaan peserta didik dengan upaya pembentukan perilaku berupa pembiasaan, insight dan model. Implikasi tersebut antara lain terciptanya konsistensi pengamalan peserta didik terhadap ajaran Islam secara holistik, terwujudnya optimisme peserta didik dalam menggali pengetahuan, terciptanya toleransi beragama antar peserta didik, terciptanya optimisme peserta didik dalam menjalankan kehidupan, terciptanya pribadi peserta didik yang menghormat agama, terwujudnya pemikiran peserta didik dalam menjalakan kehidupan, terciptanya sikap spiritual yang mendorong peserta didik untuk berbuat baik, terwujudnya kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik, terwujudnya penghargaan peserta didik atas setiap nikmat yang diberikan dan terwujudnya akhlakul karimah dalam jiwa peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai; Implikasi; Etika Guru; Etika Murid; Hasyim Asy’ari |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Haris Maiza Putra |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:52 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45760 |
Actions (login required)
View Item |