Kredibilitas berita online Galamedianews.com dalam pandangan mahasiswa : Studi deskriptif pandangan mahasiswa jurnalistik UIN Bandung terhadap berita covid-19 di Galamedianews.com

Wahyuni, Sri (2021) Kredibilitas berita online Galamedianews.com dalam pandangan mahasiswa : Studi deskriptif pandangan mahasiswa jurnalistik UIN Bandung terhadap berita covid-19 di Galamedianews.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Banyak masyarakat pada saat ini lebih memilih berita web atau berita daring dibandingkan cetak karena faktor harga yang lebih ekonomis. Namun pada kenyataannya, pada saat ini berita bisa disiarkan tanpa ada verifikasi secara mendalam yang dapat membuat pembaca mendapatkan informasi yang keliru. Media massa yang memiliki konsentrasi penyampaian informasi harus memahami bahwa berita yang disampaikan memiliki kredibilitas. Kredibilitas berita merupakan tingkatan kepercayaan dan penentu objektivitas berita yang disampaikan. Konsep kredibilitas tak luput juga dari pemberitaan Covid-19 yang tengah menjadi sorotan. Pemberitaan yang dilakukan media massa terkait isu Covid-19 masih terbilang masif. Sedangkan dalam pemberitaan, perlu adanya sumber informasi yang relevan dan kredibel karena peran media sebagai media edukasi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung tentang kredibilitas berita daring Covid-19 di media Galamedianews.com. Penelitian ini menggunakan konsep kredibilitas menurut Flanagin dan Metzger yang menggunakan tiga indikator untuk mengukur kredibilitas berita yaitu tingkat kepercayaan (believability), akurasi (accuracy), bias dan kelengkapan berita (completeness). Teknik yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang menjabarkan suatu objek dalam lingkungan sosial secara apa adanya sesuai realita. Data dalam penelitian didapat dari hasil wawancara, dokumen dan observasi kemudian diuraikan secara deskriptif sehingga data bersifat natural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas berita daring Covid-19 di Galamedianews.com dalam pandangan mahasiswa bersifat baik. Dari tiga dimensi yang diteliti yakni tingkat kepercayaan (believability), akurasi (accuracy) serta bias dan kelengkapan berita (completeness) dengan beberapa indikator di dalamnya dipandang positif oleh mahasiswa sebagai informan penelitian. Namun, dalam indikator kelengkapan dan kedalaman informasi perlu dilakukan evaluasi. Mahasiswa memandang bahwa Galamedianews.com perlu lebih memperdalam dan melengkapi informasi Covid-19 yang disampaikan dalam pemberitaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Covid-19; Galamedianews.com; Kredibilitas Berita; Media Daring
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:52
Last Modified: 12 Nov 2021 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45762

Actions (login required)

View Item View Item