Pengaruh kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di wilayah Gugus IX dan XII Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung

Riyadi, Eddy (2013) Pengaruh kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di wilayah Gugus IX dan XII Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Kemampuan manajerial Kepala Sekolah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan di sembilan Sekolah yang terdiri dari SDN Neglasari, SDN Nunuk, SDN Cibodas, SDN Cikatul, SDN Mandalahaji I, SDN Mandalahaji II, SDN Pasirhuni, SDN Cibogo dan SDN Celak berbeda sehingga menilai kinerja guru juga berbeda dan masih belum ada konsistensi kehadiran guru di setiap sekolahnya sehingga prestasi kerja, tanggung jawab dan ketaatan dalam bekerja jadi terganggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar dalam melakukan perencanaan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar, kemudian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar dalam melakukan pengorganisasian terhadap kinerja guru Sekolah Dasar, sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar dalam melakukan pelaksanaan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar dan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan manajerial Kepala Sekolah dasar dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di sembilan Sekolah yang berada di wilayah Gugus IX dan XII Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Kerangka berfikir dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh George R. Terry (2012) yang meliputi: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling). Metodologi yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh yaitu 49 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari angket dan observasi non partisan. Analisis untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis korelasi, uji regresi linier sederhana, analisis regresi ganda empat prediktor, uji hipotesis yang meliputi uji t, uji F dan uji determinan dengan bantuan program SPSS 20. Hasil, penelitian dapat diketahui bahwa pengaruh perencanaan dalam kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar terhadap kinerja guru Sekolah Dasar yaitu sebesar 0,911, kemudian besarnya pengaruh pengorganisasian dalam kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar terhadap kinerja guru Sekolah Dasar yaitu sebesar 0,887, sedangkan pengaruh pelaksanaan dalam kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar terhadap kinerja guru Sekolah Dasar yaitu sebesar 0,832 dan besarnya pengaruh pengawasan dalam kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar terhadap kinerja guru Sekolah Dasar sebesar 0,854, adapun besarnya pengaruh perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan secara bersama-sama berada pada kategori yang sangat kuat yaitu sebesar 0,926.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Variabel independen (kemampuan manajerial Kepala Sekolah Dasar); Variabel dependen (kinerja guru Sekolah Dasar);
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 00:57
Last Modified: 09 Jul 2019 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item