Bimbingan Klasikal dalam Membangun Karakter Siswa(Studi Deskriptif di Sekolah Dasar Islam Terpadu Matahati Nagreg).

Indri Yuliantini, Indri (2014) Bimbingan Klasikal dalam Membangun Karakter Siswa(Studi Deskriptif di Sekolah Dasar Islam Terpadu Matahati Nagreg). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu Matahati Nagreg yang merupakan sekolah dasar satu-satunya di daerah Cicalengka dan Nagreg yang mulai mementingkan pendidikan karakter. Karena khawatir terhadap menurunnya karater siswa saat ini, seperti beberapa siswa sering kali berkata kasar. Dan untuk menjalankan program tersebut SD IT Matahati Nagreg menggunakan metode bimbingan klasikal. Namun metode bimbingan klasikal ini ditakutkan akan ada persepsi yang salah mengenai guru BK, dimana guru BK disamakan dengan guru mata pelajaran lainnya yang memberikan pelajaran di kelas dengan jadwal yang sudah tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pemilihan metode bimbingan kasikal dalam membangun karakter siswa, mengetahui pelaksanaan bimbingan klasikal dalam membangun karakter siswa, dan untuk mengetahui karakter siswa sesudah mengikuti bimbingan klasikal dalam membangun karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks bimbingan konseling Islam. Teori yang digunakan adalah teori bimbingan klasikal, yaitu pelayanan dasar bimbingan yang dirancang menuntut konselor untuk melakukakan kontak langsung dengan para peserta didik dikelas secara terjadwal. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang melatarbelakangi adanya bimbingan klasikal dalam membangun karakter siswa karena ada kecenderungan siswa berkarakter kurang baik. seperti berkata kasar, tidak sopan terhadap orang yang lebih tua berbohong kepada orang tua, dan motivasi belajar kurang. Pelaksanaan bimbingan klasikal dalam membangun karakter siswa, materi yang diberikan seperti akidah, kisah inspiratif, al-qur’an dan hadist, mahfudzot, asmaul husna. Dengan menggunakan metode diaolog dan diskusi, ceremah, keteladanan, pembiasaan, penugasan, teguran. Dan media yang digunakan buku cerita Nabi, buku kisah inspiratif, dan buku asmaul husnah,laptop, infokus, dan pemutaran video, alam terbuka. Setelah mengikuti bimbingan klasikal perkataan anak menjadi sopan, tingkah laku menajdi hormat senantiasa memberi salam dan tersenyum, motivasi belajar bertambah terutama dalam menghafal al-qur’an, kepedulian terhadap menjaga kebersihan lingkungan bertambah, mulai biasa bersimpati dan berempati ketika teman sedang dalam masalah. Dan ketaatan terhadap menjalankan perintah Allah meningkat seperti sholat, mengaji hingga melaksanakan puasa sunat senin-kamis. Berdasarkan hasil temuan, dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dalam membangun karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Matahati Nagreg berjalan cukup baik seperti program bimbingan kalsikal terlaksanakan serta adanya peningkatan karakter siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 00:45
Last Modified: 18 Oct 2017 00:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item View Item