Anggraini, Rina (2021) Pengembangan media pembelajaran Fotonovela berbasis Flipbook untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi getaran harmonis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
Abstract
Media Pembelajaran fotonovela berbasis flipbook merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fotonovela berbasis flipbook, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran harmonis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (D&D) dengan model 4D yaitu define, design, development dan dissemination. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase lembar validasi kelayakan media, lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, N-gain, dan uji paired sample t-test. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 MAN 1 Kuningan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fotonovela berbasis flipbook sangat layak digunakan dengan persentase 0,91%, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran masuk kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 88% serta peningkatan pemahaman konsep peserta didik masuk pada kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,62. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikan 0,05 memperoleh nilai t_hitung sebesar 13,817 dan t_tabel sebesar 2,048 ( t_hitung>t_tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah belajar dengan media fotonovela berbasis flipbook pada materi getaran harmonis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fotonovela berbasis flipbook; getaran harmonis; pemahaman konsep |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rina Anggraini |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 02:06 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45840 |
Actions (login required)
View Item |