Pembelajaran PAI melalui Blended Learning untuk mengembangkan 4Cs : Penelitian di SMAN 26 dan 27 Kota Bandung

Prihadi, Edi (2021) Pembelajaran PAI melalui Blended Learning untuk mengembangkan 4Cs : Penelitian di SMAN 26 dan 27 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembangunan bangsa Indonesia pada abad ke-21 yaitu menyiapkan generasi muda yang luwes, kreatif, dan proaktif. Generasi muda perlu dibentuk agar terampil dalam memecahkan masalah, bijak dalam membuat keputusan, berpikir kreatif, suka bermusyawarah, dapat mengkomunikasikan gagasannya secara efektif, dan mampu bekerja secara efesien baik secara individual maupun secara berkelompok. Sehingga keterampilan abad 21 atau 4Cs perlu dikembangkan dalam pembelajaran termasuk pada pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perencanaan pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs, pelaksanaan pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs, evaluasi pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs, dan keefektifan pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs. Keterampilan 4Cs adalah keterampilan yang perlu dilatih dengan baik. Oleh karena itu, tugas pendidik adalah mengkondisikan pembelajaran sedemikian rupa agar semua aspek dari keterampilan 4Cs yang meliputi keterampilan berkomunikasi keterampilan berkolaborasi, berpikir kritis dan kreativitas dapat dilatihkan dengan baik. Dalam perspektif dan konteks nilai-nilai ajaran Islam, ke-empat skill (ketrampilan) di atas bukanlah sebuah konsep yang baru dalam pendidikan Islam. Dasar-dasar pengajaran dan contoh spesifiknya dapat kita jumpai dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Keterampilan berkomunikasi yang islami dengan prinsip qawlan syadidan, qawlan baligha, qawlan karima, qawlan ma’rufa, qawlan layyina, qaulan maisura, keterampilan berkolaborasi yang jujur dan amanah, berpikir kritis yang disertai tabayyun dan keterampilan berpikir kreatif yang bertanggung jawab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode desktiptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah guru, para siswa, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum di SMAN 26 dan 27 Kota Bandung. Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs secara umum sudah sesuai dengan ketentuan penyusunan RPP, 2) pelaksanaan pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs dilaksanakan dengan mengintegrasikan 4Cs dengan metode yang berpusat pada peserta didik, 3) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs berasal dari siswa, guru dan proses pembelajaran, 4) evaluasi pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs sudah sesuai dengan ketentuan penilaian kurikulum 2013, dan 5) keefektifan pembelajaran PAI melalui blended learning untuk mengembangkan 4Cs mencapai hasil yang baik hal ini dapat dilihat dari partisifasi aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran..

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Blended Learning; Mengembangkan 4Cs
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:20
Last Modified: 03 Nov 2021 01:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45855

Actions (login required)

View Item View Item