Pengaruh Risk Based Capital (RBC) dan Rasio Beban Klaim terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan asuransi syariah: Studi di PT. AIA Financial Syariah periode 2018-2020

Fuadah, Samrotul (2021) Pengaruh Risk Based Capital (RBC) dan Rasio Beban Klaim terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan asuransi syariah: Studi di PT. AIA Financial Syariah periode 2018-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan asuransi syariah beberapa tahun belakangan ini di indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Namun faktanya, minat dan kepercayaan masyarakat terhadap asuransi syariah masih sangat minim. Ini dikarenakan banyaknya kasus mengenai asuransi yang mengalami gagal bayar terhadap klaim nasabah nya bahkan sampai mengalami kebangkrutan. Salah satu indikator perusahaan asuransi dikatakan bagus dan terpercaya dapat dilihat berdasarkan tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi tersebut melalui metode Risk Based Capital (RBC) dan Rasio Beban Klaim (RBK). Ketika perusahaan asuransi memenuhi Risk Based Capital (RBC) dan Rasio Beban Klaim (RBK) dengan baik maka perusahaan asuransi tersebut bisa dikatakan sehat dari segi kondisi keuangan. Kerangka berfikir yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori bahwa apabila Risk Based Capital (RBC) dan Rasio Beban Klaim (RBK) sebagai variabel independen mengalami peningkatan, sehingga Return On Assets (ROA) sebagai variabel dependen akan mengalami penurunan. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh Risk Based Capital (RBC) dan Rasio Beban Klaim (RBK) secara parsial maupun simultan terhadap Return On Assets (ROA) Pada Perusahaan Asuransi Syariah (PT. AIA Financial Syariah  Periode 2018-2020). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keuangan triwulanan yang diperoleh dari PT. AIA Financial Syariah. Adapun analisis data yang digunakan dengan Uji asumsi klasik, analisis regresi (sederhana dan berganda), korelasi (sederhana dan berganda), koefisien determinasi dan uji hipotesis uji t dan uji F. Sedangkan untuk mengolah data dilakukan dengan memanfaatkan SPSS Versi 26.0. dan Microsoft Excel 2010 sebagai pendukungnya. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Risk Based Capital (RBC) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan niali koefisien determinasi sebesar 0,055 atau 5,5%. (2) Rasio beban klaim secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai koefisien deterinasi sebesar 0,208 atau 20,8%. (3) Risk Based Capital (RBC) dan Rasio Beban Klaim secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,248 atau 24,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Risk Based Capital (RBC); Rasio Beban Klaim (RBK); Return On Assets (ROA);
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Insurance
Insurance > Claims Insurance
Insurance > Insurance in Indonesia
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Samrotul Fuadah
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:32
Last Modified: 04 Nov 2021 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45906

Actions (login required)

View Item View Item