Dani Ramdani, Dani (2014) Manajemen Sarana dan Prasana (Penelitian di SMP Al-Muttaqin Ciseureuh Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_bab1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
4_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
||
|
Text (BAB III)
5_bab3.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
6_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text (BAB V)
7_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Abstract
Sekolah SMP Al-Muttaqin memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan, namun dalam pendayagunaan sarana seperti gedung sekolah, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium dan halaman, tidak kondusif sekolah tersebut memiliki dua yayasan SMP dan TK, maka untuk fasilitas sarana dan prasarana sering digunakan bergantian dalam pemakainnya bahkan sering ruang perpustakaan dijadikan tempat pembelajaran taman kanak-kanak (TK). Sedangkan yang ditimbulkan dari orang tua siswa taman kanak-kanak bisa membuat pembelajaran tidak akan tenang karena berada di pinggir ruang kelas SMP Al-Muttaqin. Penelitian ini berguna menjelaskan, bagaimana pengadaan sarana dan prasarana, pendayagunaan,penginventarisasian, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengadaan, pendayagunaan, penginpentarisasian, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitiaanya studi kasus. Objek penelitian di SMP Al-Muttaqin Ciseureh Bandung pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dinarasikan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil peneitian ini menggambarkan bahwa. 1) Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Al-Muttaqin dilakukan dengan dua mekanisme yaitu didapat dari milik sendiri dan didapa dari bantuan pemeritah; 2). Pendayagunaan sarana dan prasaran digunakan dengan pengawasan atau prosedur agar proses pembelajaran dapat berjaan dengan eektif dan efisien, dengan adanya penggunaan sarana dan prasarana diharapkan adanya manfaat bagi peningkatan pembelajaran, 3) Penginventarisasi dilakukan dengan mencatat sarana dan prasarana baik barang yang rusak, baru datang, pencatatan buku-buku serta inventarisasi mengenai pendanaan 4). Pemeliharaan dan penghapusan dilakukan dengan perawatan yang diakukan dengan rehabilisasi setiap bulan serta 5)menghapus sarana dan prasarana yang sudah tidak diperlukan di SMP Al-Muttaqin dilakukan dengan dibuang dan di hapus dalam buku catatan inventarisasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Customs of People > Organization and Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 03:05 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 03:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4591 |
Actions (login required)
View Item |