Pengaruh piutang Istishna dan piutang Qardh terhadap jumlah pendapatan operasional dari penyaluran dana pada PT BRI Syari'ah tahun 2016-2020

Saparudin, Yudha Pratama (2021) Pengaruh piutang Istishna dan piutang Qardh terhadap jumlah pendapatan operasional dari penyaluran dana pada PT BRI Syari'ah tahun 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapatan operasional yang merupakan tujuan bank syari’ah dalam menjalankan aktivitasnya dan pendapatan operasional ini diperoleh dari berbagai sektor, salah satunya diperoleh dari sektor pembiayaan atau piutang yaitu piutang istishna dan piutang qardh. Apabila terjadi peningkatan terhadap piutang istishna dan piutang qardh maka akan berpengaruh pada tingkat jumlah pendapatan operasional bank. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh piutang istishna secara parsial terhadap jumlah pendapatan operasional, mengatahui pengaruh piutang qardh secara parsial terhadap jumlah pendapatan operasional dan mengetahui pengaruh piutang istishna dan piutang qardh secara simultan terhadap jumlah pendapatan operasional serta untuk mengetahui kesesuaian piutang istishna dan piutang qardh berdasarkan PSAK 104 dan PSAK 59 pada BRI Syari’ah Tahun 2016-2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank BRI Syari’ah Tahun 2016-2020 melalui website resminya www.brisyariah.co.id. Analisis data kuantitatif yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis yaitu uji t (parsial) dan uji F (simultan), pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan perhitungan SPSS for windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) piutang istishna secara parsial berpengaruh signifikan sebesar 29,8% terhadap jumlah pendapatan operasional; (2) piutang qardh secara parsial tidak berpengaruh signifikan sebesar 3% terhadap jumlah pendapatan operasional; (3) piutang istishna dan piutang qardh secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 30,4% terhadap jumlah pendapatan operasional sedangkan sisanya sebesar 69,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti; (4) piutang istishna dan piutang qardh berdasarkan pencatatan dan pengungkapannya telah sesuai dengan PSAK 104 dan PSAK 59.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: piutang Istishna; piutang Qardh; pendapatan operasional
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Yudha Pratama Saparudin
Date Deposited: 03 Nov 2021 11:01
Last Modified: 03 Nov 2021 11:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45941

Actions (login required)

View Item View Item