Pengaruh Primary Ratio (PR) dan Cash Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan Sektor Ritel yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. Matahari Putra Prima Tbk. periode 2011-2019)

Taryamah, Taryamah (2021) Pengaruh Primary Ratio (PR) dan Cash Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan Sektor Ritel yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. Matahari Putra Prima Tbk. periode 2011-2019). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Net Proft margin merupakan suatu rasio yang menunjukan tingkat keuntungan bersih yang diperoleh dari usaha atau menunjukan sejauh mana perusahaan mengelola usahanya. Net Proft margin dapat dipengaruhi oleh Primary Ratio dan Cash Ratio. Semakin tinggi nilai Primary Ratio maka semakin tinggi juga nilai Net Profit Margin sedangkan semakin tinggi nilai Cash Ratio maka Net Profit Margin (NPM) semakin turun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Primary Ratio secara parsial terhadap Net Proft margin, untuk mengetahui Cash Ratio secara parsial terhadap Net Proft margin, untuk mengetahui pengaruh Primary Ratio dan Cash Ratio secara simultan terhadap Net Proft margin pada PT. Matahari Putra Prima Tbk periode 2011-2019. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebagai metode penelitiannya dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang berdasarkan pada metode statistik untuk melakukan pengujian hipotesis yaitu terdiri atas analisis deskrip tif, analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji siginifikansi yaitu uji T dan uji F. Penelitian ini memeproleh hasil bahwa secara parsial Primary Ratio memberikan kontribusi terhadap Net Profit Margin sebesar 73,4%. Secara parsial Cash Ratio memberikan kontribusi terhadap Net Profit Margin sebesar 38,5%. Secara Simultan Primary Ratio dan Cash Ratio memberikan kontribusi terhadap Net Profit Margin pada PT. Matahari Putra Prima Tbk. sebesar 73,9%. Hal tersebut terjadi dikarenakan Equity Capital dan Penggunaan kas pada perusahaaan tersebut bekerjasama dengan baik dalam mencapai tujuan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Manajemen perusahaan berusaha untuk menyeimbangkan dalam pengelolaan modal atau kas sehingga sesuai dan dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Primary Ratio; Cash Ratio; Net Proft Margin;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Taryamah Taryamah
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:24
Last Modified: 08 Nov 2021 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45952

Actions (login required)

View Item View Item