Peran muhasabbah terhadap peningkatan sikap kedisiplinan : Studi kualitatif deskriptif kepada siswa SMA Negeri Cimanggung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Adiputra, Muhammad Diki (2020) Peran muhasabbah terhadap peningkatan sikap kedisiplinan : Studi kualitatif deskriptif kepada siswa SMA Negeri Cimanggung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy

Abstract

Muhasabah atau introspeksi diri merupakan suatu hal yang mulia dan kebersihan diri seorang muslim. Muhasabah adalah cara dalam memperhatikan atau merungkan hal-hal baik dan buruk yang telah dilakukan, serta untuk menghitung benar atau salah dari suatu perbuatan manusia, namun terdapat permasalahan yang terlihat, apabila manusia dengan mudahnya malakukan segala hal tanpa sedikitpun memikirkan manfaat dari perbuatan yang sudah dilakukan, sedangkan melakukan Muhasabah merupakan hal terpenting bagi umat muslim, hasil yang diperoleh dari proses Muhasabah sangatlah besar tak terkecuali bagi siswa sekolah yang mana dilingkungan sekolah terdapat banyak tata tertib dan peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh siswa demi berjalannya pembelajaran dan pendidikan karakter siswa itu sendiri, yang akan berpengaruh terhadap keberlangsungan kehidupan dimasa yang akan datang, akan tetapi untuk mengoreksi dan memperbaikinya agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan dan dilakukan secara konsisten dari hasil Muhasabah tersebut, terkhusus bagi siswa sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib yang ada disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui peran Muhasabah terhadap peningkatan sikap kedisiplinan siswa di SMA Negeri Cimanggung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana hasil dari peran Muhasabah terhadap peningkatan sikap kedisiplinan siswa di SMA Negeri Cimanggung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Menurut Hasibuan, disiplin yang baik mencerminkan rasa tanggung jawab seseorang atas tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini akan menggugah semangat seseorang, membangkitkan gairah, dan mencapai tujuan yang ingin dicapai. Seseorang dikatakan efektif jika memiliki sikap displin yang baik. Metode penelitian menggunakan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif, penelitian ini melibatkan 3 orang siswa yang sesuai dengan kriteria penelitian. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari proses penelitian ini adalah untuk menemukan adanya perubahan dalam mengatasi sikap tidak disiplin dengan menggunakan peranan Muhasabah dalam menangani kurangnya kesadaran dari sikap displin Siswa untuk meningkatkan ketaatan dan mempunyai kemauan dalam merubah kebiasaan-kebiasan buruknya, membiasakan diri agar selalu disiplin, patuh dan taat pada segala peraturan dan tata tertib yang ada disekolah maupun dilingkungan sekitar, serta menjauhi perbuatan yang berpotensi membawanya kepada pribadi yang negative.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: muhasabah; perubahan; kedisiplinan
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Diki Adiputra
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:48
Last Modified: 04 Nov 2021 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45979

Actions (login required)

View Item View Item