Pengaruh Total Accounts Receivable dan Inventoris terhadap Total Current Assets pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Global Mediacom Tbk. periode 2011-2020

Pebriyanti, Fitri (2021) Pengaruh Total Accounts Receivable dan Inventoris terhadap Total Current Assets pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Global Mediacom Tbk. periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu indikator yang menjadi tolak ukur besar kecilnya suatu perusahaan yaitu total aset, yang pada umumnya terdiri dari aset lancar dan aset tetap. Aset lancar merupakan harta perusahaan yang dapat dicairkan dalam waktu yang relatif singkat. Total Accounts Receivable dan Inventoris adalah komponen aset lancar yang harus dikelola sebaik mungkin karena erat kaitannya dengan keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Accounts Receivable secara parsial terhadap Total Current Assets, pengaruh Inventoris secara parsial terhadap Total Current Assets, serta pengaruh Total Accounts Receivable dan Inventoris secara simultan terhadap Total Current Assets. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah Total Accounts Receivable dan Inventoris berpengaruh positif terhadap Total Current Assets karena jika Total Accounts Receivable dan Inventoris mengalami kenaikan, maka akan diikuti pula kenaikan pada Total Current Assets. Pada penelitian ini, metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder menurun (time series) pada laporan keuangan tahunan PT. Global Mediacom Tbk. yang telah dipublikasikan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, dan analisis uji statistik (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, serta analisis uji signifikansi uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Total Accounts Receivable secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Total Current Assets, yaitu sebesar 36,9%. Inventoris secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Total Current Assets, yaitu sebesar 5%. Adapun secara simultan, Total Accouns Receivable dan Inventoris berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Total Current Assets, yaitu sebesar 37,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keuangan; Manajemen Keuangan Syariah; Ekonomi; Ekonomi Syariah
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: fitri pebriyanti
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:44
Last Modified: 05 Nov 2021 02:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46018

Actions (login required)

View Item View Item