Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa pada Konsep Ikatan Kimia (Penelitian Kelas pada Siswa Kelas X3 SMAN 1 Sliyeg Indramayu)

Fitriani Nur Khasanah, Fitriani (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa pada Konsep Ikatan Kimia (Penelitian Kelas pada Siswa Kelas X3 SMAN 1 Sliyeg Indramayu). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2_bab1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
3_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB III)
4_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
5_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text (BAB V)
6_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) merupakan model pembelajaran yang berlandaskan teori konstruktivisme dimulai dengan tahapan presentasi kelas, belajar kelompok, dan turnamen akademik. Model pembelajaran ini merupakan salah satu wahana dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa saat penerapan model pembelajaran tersebut pada konsep ikatan kimia dan mendeskripkan keterampilan berkomunikasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kelas terhadap siswa kelas X-MIA3 SMAN 1 Sliyeg Indramayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar observasi, dan lembar penilaian keterampilan berkomunikasi siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang diuraikan, disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran siswa pada penerapan model pembelajaran ini berlangsung secara optimal sesuai dengan tahapan-tahapannya. Pengisian LKS secara keseluruhan menunjukkan penguasaan konsep dengan nilai rata-rata 78 dengan kategori baik. Komunikasi lisan mencapai kategori 24% sangat terampil, 32% terampil, 22% cukup terampil, 11% kurang terampil dan 11% gagal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif TGT, Keterampilan Berkomunikasi, Ikatan Kimia
Subjects: Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 09:07
Last Modified: 02 Nov 2017 09:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item View Item