Peran komunitas Gerakan Pemuda Hijrah dalam pembentukan akhlak remaja : Penelitian terhadap komunitas Shift di Cihapit Kota Bandung

Tiffani, Tiffani (2021) Peran komunitas Gerakan Pemuda Hijrah dalam pembentukan akhlak remaja : Penelitian terhadap komunitas Shift di Cihapit Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kian merosotnya akhlak di kalangan anak remaja, yang dibuktikan dengan maraknya penyimpangan perilaku saat ini dilapangan. Oleh karena itu, diperlukannya suatu pendidikan yang dapat membantu dalam pembentukan akhlak sebagaimana kebutuhan masyarakat maka hadirlah suatu komunitas Islam. Komunitas Gerakan Pemuda Hijrah atau sering dikenal dengan Shift merupakan salah satu komunitas Islam yang bergerak dalam bidang keagamaan, yang mempunyai peranan serta kedudukan yang penting bagi masyarakat khususnya bagi para pemuda yang berkeinginan untuk hijrah. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana peran komunitas Gerakan Pemuda Hijrah (Shift) dalam pembentukan akhlak remaja. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pembentukan akhlak pada remaja di komunitas Shift, 2) Metode yang digunakan dalam pembentukan akhlak pada remaja di komunitas Shift, 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak pada remaja di komunitas Shift, 4) Hasil dari pembentukan akhlak pada remaja di komunitas Shift. Penelitan ini berdasar dari pemikiran bahwa Shift memiliki peran dalam pembentukan akhlak remaja. Yang ditunjukkan dari adanya perubahan sikap (akhlak) pada remaja dari sebelum mengikuti Shift dengan setelah mengikuti Shift, yang diwujudkan pada hubungan dengan Allah, hubungan dengan manusia, hubungan dengan lingkungan menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dimana metode ini digunakan untuk membantu dan mempermudah peneliti dalam memberikan gambaran secara sistematis terkait keadaan realita dari remaja yang diteliti yang ada dalam komunitas Shift serta sejauh mana peran dari komunitas ini dalam pembentukan akhlak remaja. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa: 1) Pembentukan akhlak dilakukan dengan pendidikan yang dikemas dalam suatu program, yaitu kajian rutin atau sharing streaming, pesantrend, less waste, Shift care, one minute booster, sempatkan berkeringat, Shift ladies, dan ngabuburide. 2) Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan role playing. Dalam menyampaikan narasi dakwah, ceramah yang digunakan adalah menggunakan bahasa kaumnya (anak muda) yang telah di modifikasi. 3) Faktor pendukung dalam pembentukan akhlak remaja, yaitu; adanya peran media sosial, konsep yang sesuai dengan anak muda, dan tokoh pelaku anak muda. Sedangkan faktor yang menghambat, yaitu; ruang publik, kurangnya dukungan dari beberapa pihak, dan SDM yang terbatas. 4) Hasil Hasil Hasil dari pembentukan akhlak pada remaja, dari konsep, pelaksanaan, hingga hasilnya diperolehnya hasil yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Shift; Pembentukan akhlak; Remaja;
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tiffani Tiffani
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:38
Last Modified: 17 Nov 2021 04:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46028

Actions (login required)

View Item View Item