Pengalaman keagamaan penyintas kekerasan seksual : Studi deskriptif di Lembaga Woman Crisis Center Pasundan Durebang Bandung

Izzah, Aisyah Nabila Nurul (2021) Pengalaman keagamaan penyintas kekerasan seksual : Studi deskriptif di Lembaga Woman Crisis Center Pasundan Durebang Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Kasus kekerasan seksual semakin hari semakin meningkat di tambah dengan kondisi pandemi covid 19 yang mendukung munculnya faktor terjadinya kekerasan seksual seperti inses, kasus kekerasan seksual pada tahun 2020 meningkat sebanyak 970 kasus dibandingkan dengan tahun 2019. Kekerasan seksual akan meninggalkan dampak bagi korbannya, mulai dari dampak fisik, psikis, sosial juga dampak spiritual atau keagamaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memahami pengalaman keagamaan penyintas (survivor) kekerasan seksual serta mengamati 5 tahapan proses pemulihan korban selama penanganan di Woman Crisis Center Pasundan Durebang Bandung, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 3 penyintas kekerasan seksual yang kemudian memahami bahwa agama adalah suatu trauma didalam dirinya, dan mempertanyakan keberadaan, kuasa, serta kasih sayang Tuhan. Dalam proses pemulihan penyintas, lembaga ini memberikan pendampingan kepada para korban kekerasan seksual dan membantunya untuk mengembalikan pandangan, pemahaman dan kepercayaannya terhadap Tuhan. Peneliti mengamati pengalaman keagamaan penyintas dengan merujuk kepada teori The Varieties of Religious dari William James dan tahapan proses pemulihan merujuk sebagaimana Teori 5 Tahapan Berduka yang dipaparkan oleh Elisabeth Kubler Ross. Dan didapatkan hasil dari 6 penyintas terdapat 1 penyintas yang melalui 5 tahapan pemulihan dengan sempurna, 5 orang penyintas lainnya hanya melalui beberapa tahapan pemulihan dan tidak berurutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman keagamaan; Kekerasan seksual; Penyintas kekerasan seksual;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Aisyah Nabila Nurul Izzah
Date Deposited: 05 Nov 2021 06:52
Last Modified: 05 Nov 2021 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46029

Actions (login required)

View Item View Item