Pengaruh pendampingan orang tua dalam pelaksanaan BDR terhadap hasil belajar PAI siswa pada masa pandemi Covid-19: Penelitian terhadap Siswa Kelas III di SDN Pucung III Kabupaten Karawang

Nurmayanti, Dea (2021) Pengaruh pendampingan orang tua dalam pelaksanaan BDR terhadap hasil belajar PAI siswa pada masa pandemi Covid-19: Penelitian terhadap Siswa Kelas III di SDN Pucung III Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya wabah penyakit covid-19 (corona virus desease) di seluruh dunia yang mengakibatkan hampir semua sektor kehidupan kesehatan, ekonomi, pendidikan, politik dan keagamaan terkena dampaknya. Upaya pencegahan covid-19 dilakukan pemerintah dengan berbagai kebijakan salah satunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berakibat pembatasan berbagai aktivitas salah satunya dalam dunia pendidikan, sehingga pemerintah mengeluarkan surat edaran aktivitas Belajar Dari Rumah (BDR). Kebijakan ini tidak hanya berdampak pada relasi guru dan murid, namun juga pentingnya pendampingan orang tua dalam pelaksanaan belajar daring dengan memanfatkan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kondisi pendampingan orang tua dalam pelaksanaan BDR di SDN Pucung III pada masa pandemi Covid-19; 2) Hasil belajar PAI siswa kelas III di SDN Pucung III pada masa pandemi Covid-19; 3) Pengaruh pendampingan orang tua dalam pelaksanaan BDR terhadap hasil belajar PAI siswa kelas III di SDN Pucung III pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini diasumsikan bahwa pendampingan orang tua dalam pelaksanaan BDR sangat berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pendampingan orang tua dalam pelaksanaan BDR terhadap hasil belajar PAI siswa pada masa pandemi Covid-19, semakin baik pendampingan yang diberikan maka semakin tinggi hasil belajar PAI siswa. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan asosiatif. Jenis data kuantitatif inferensial dengan jumlah sampel sebanyak 39 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, kuesioner/ angket, dan tes. Analisis datanya dengan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas pendampingan orang tua dalam pelaksanaan BDR di SDN Pucung III termasuk pada kategori baik (Skor 77%); 2) Realitas hasil belajar PAI siswa kelas III pada pokok bahasan “Nabi Muhammad Saw. Panutanku” di SDN Pucung III termasuk pada kategori sangat baik (Skor 87%); 3) Realitas hubungan antara keduanya adalah: (a) Hipotesisnya diterima, karena nilai signifikansi (0,00) < 0,05; (b) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 28,8%. Hal ini menunjukkan bahwa 28,8% hasil belajar PAI siswa dipengaruhi oleh pendampingan orang tua dalam pelaksanaan BDR. Sehingga masih terdapat 71,2% lagi dari faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar PAI siswa pada masa pandami Covid-19 ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Orang tua; hasil belajar; covid-19; pandemi;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dea Nurmayanti
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:35
Last Modified: 22 Nov 2021 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46040

Actions (login required)

View Item View Item