Pembelajaran Qiraat Sab’ dalam meningkatkan tartil Al-Qur’an : Penelitian di Pesantren Al Falah Nagreg Bandung dan Pesantren Qiroatussab’ah Kudang Garut

Wahyudi, Lili (2021) Pembelajaran Qiraat Sab’ dalam meningkatkan tartil Al-Qur’an : Penelitian di Pesantren Al Falah Nagreg Bandung dan Pesantren Qiroatussab’ah Kudang Garut. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Qiraat Sab’ merupakan salah satu cabang Ilmu al-Qur’an yang mulai memudar. Hal ini disebabkan karena banyaknya ulama-ulama al-Qur’an yang telah wafat dan minimnya kajian di masyarakat karena sedikitnya penguasaan ilmu ini. Pesantren al-Qur’an merupakan lembaga strategis dalam menjaga dan memelihara serta mengembangkan ilmu-ilmu al-Qur’an termasuk ilmu Qiraat Sab’ah. Oleh karena itu pembelajaran Qiraat Sab’ merupakan hal penting yang harus diperhatikan semua pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Tujuan pembelajaran Qiraat Sab’, 2) Kualifikasi pengajar Qiraat Sab’, 3) Metode Pembelajaran Qiraat Sab’, 4) Materi pembelajaran Qira’at Sab’, 5) Media pembelajaran Qiraat Sab’, 6) Evaluasi pembelajaran Qiraat Sab’ dan 7) Dampak pembelajaran Qiraat Sab’ terhadap peningkatkan tartil al Qur’an. Pembelajaran Qiraat Sab’ merupakan sebuah sistem yang terdiri atas unsur-unsur yang saling berkaitan. Pengembangannya membutuhkan proses yang sistematis dan kontinu menuju terciptanya suatu model pembelajaran yang ideal dan aplikabel sehingga dapat dilaksanakan di lembaga manapun. Hal tersebut ditujukan dalam upaya membantu melestarikan ilmu Qiraat Sab’ sebagai bentuk usaha menjaga kemurnian al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptip analitis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan studi dokumentatif. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, mendisplay, verifikasi, memaparkan dan mengambil simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tujuan pembelajaran Qiraat Sab’ adalah untuk mensyiarkan dan memasyarakatkan ilmu al-Qur’an serta menjaga kemurnian al Qur’an. 2) Kualifikasi pengajar Qiraat Sab’ adalah mampu menguasai ilmu Qiraat Sab’ baik teori maupun praktek, menguasai bahasa Arab dan memiliki sanad yang bersambung dengan guru-guru Qiraat. 3) Metode pembelajaran Qiraat Sab’ adalah al ifrad al Qiraah (bacaan masing-masing rawi dan imam qiraat) dan metode jama’ (menggabungkan bacaan rawi dan imam qiraat). 4) Materi pembelajaran Qiraat Sab’ meliputi Kaidah Ushuliyyah (kaidah pokok yang berlaku secara umum) dan Farsy al huruf (kaidah pada kalimat-kalimat tertentu secara khusus. 5) Media pembelajaran Qiraat Sab’ menggunakan media audio, visual dann audio visual 6) Evaluasi pembelajaran Qiraaat Sab’ dilaksanakan dengan cara lisan dan tulisan, cara lisan dengan menilai bagaimana praktek bacaan Qiraat yang benar sesuai dengan kaidah ushuliyyah dan farsy al huruf sedangkan tulisan menilai penguasaan terhadap teori-teori yang terkait ilmu Qiraat Sab’ 7) Dampak pembelajaran Qiraat Sab’ dalam meningkatkan tartil al-Qur’an ditemukan di dalam pembelajaran di pesantren yang diteliti. Hal tersebut dilihat dari ketercapaian tartil yang indikatornya meliputi: jelasnya kalam yang dibaca, bacaan yang tenang dan perlahan, kesempurnaaan dalam pengucapan huruf dan harakat, bagusnya susunan bacaan dan tidak berlebihan serta dengan penuh keindahan.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Qiraat Sab’; Tartil Al-Qur’an;
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:00
Last Modified: 19 Nov 2021 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46093

Actions (login required)

View Item View Item