Pengaruh pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan jual beli terhadap total aset pada bank jabar banten syariah periode 2016-2020

Putra, Rizkia Supriatna (2021) Pengaruh pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan jual beli terhadap total aset pada bank jabar banten syariah periode 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan Bagi Hasil dan Pembiayaan Jual Beli merupakan salah satu pembiayaan yang sangat berpengaruh kepada total aset perbankan karena Semakin besar Total Aset/Return Of Assets suatu bank maka semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut dari penggunaan aset. Semakin kecil rasio ini mengindikasikan kurangnya kemampuan manajemen bank dalam mengelola aktiva untuk meningkatkan pendapatan dan atau menekan biaya (Rivai dan Arifin, 2010: 886).Sehingga jika pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan jual beli meningkat maka akan meningkat total aset suatu bank dan sebaliknya jika pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan jual beli menurun maka total aset pun akan menurun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil secara parsial terhadap Total Aset, (2) Pengaruh Pembiayaan Jual Beli secara parsial terhadap Total Aset, (3) pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil dan pembiayaan jual beli secara simultan terhadap Total Aset. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dipakai yaitu menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan Triwulan Bank Jabar Banten Syariah Periode 2016-2020. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, koefisiensi determinasi, dan uji hipotesis. Dengan pengolahan data dibantu dengan menggunakan SPSS for windowsVersi 26. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembiayaan bagi hasil secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap total aset sehingga pembiayaan bagi hasil ini mempengaruhi total aset. Lalu pembiayaan jual beli secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap total aset hal ini pun sama artinya pembiaayaan jual beli berpengaruh kepada total aset. Dan pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan jual beli secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap total aset yang artinya kedua pembiayaan ini akan berpengaruh terhadap total aset sehingga bisa disimpulkan bahwa kedua pembiayaan ini berpengaruh terhadap perkembangan total aset.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Bagi Hasil; Pembiayaan Jual Beli; Total Aset
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Rizkia Supriatna Putra
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:41
Last Modified: 11 Nov 2021 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46105

Actions (login required)

View Item View Item