Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 tentang akuntansi zakat dan infak/sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bandung

Yasir, Abdullah Muhamad (2021) Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 tentang akuntansi zakat dan infak/sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Zakat sebagai pedoman, satu dari lima rukun Islam yang dijadikan dasar oleh umat Islam sebagai pondasi dalam beragama. Potensi zakat di Indonesia terbilang cukup besar, tak kurang dari 3,7 Triliun penghimpunan zakat di Indonesia dapat direalisasikan, angka tersebut nyatanya masih kurang dari potensi yang diperhitungkan yakni mencapai 286 Triliun rupiah. Organisasi pengelola zakat, infak dan sedekah makin dewasa ini telah banyak bermunculan, namun belum semuanya sadar akan penerapan pelaporan yang sesuai dengan pedoman yang ada, dalam hal ini PSAK 109. Kajian terdahulu menemukan meski PSAK 109 mulai berlaku pada tahun 2012, nyatanya masih terdapat beberapa lembaga/ organisasi pengelola zakat yang belum menerapkan PSAK 109 dalam menunjang pelaporan yang dibuatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa penerapan akuntansi zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bandung serta untuk mengetahui dan menganalisa tentang kesesuaian penerapan akuntansi zakat BAZNAS Kabupaten Bandung berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan studi kepustakaan. Adapun tempat yang dijadikan penelitian yakni BAZNAS Kabupaten Bandung, serta objek penelitian berfokus pada akuntansi zakat BAZNAS Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa BAZNAS Kabupaten Bandung menjadikan bukti penerimaan, bukti penyaluran, buku bank, serta penerimaan kas dan pengeluaran kas sebagai dasar pencatatan akuntansi, serta membuat laporan keuangan dalam lima komponen laporan. Serta dari sisi kesesuaian dengan PSAK 109, BAZNAS Kabupaten Bandung secara prinsip telah menerapkan PSAK 109 baik pengakuan dan pengukuran, serta penyajian dan pengungkapannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK 109; Akuntansi ZIS; BAZNAS Kabupaten Bandung.
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Abdullah Muhamad Yasir
Date Deposited: 12 Nov 2021 05:45
Last Modified: 12 Nov 2021 06:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46159

Actions (login required)

View Item View Item