Analisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposito Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) pada bank syariah Studi: PT. Maybank SYariah Periode 2009-2018

Rambe, Yahdi Parsaulian (2021) Analisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposito Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) pada bank syariah Studi: PT. Maybank SYariah Periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAPTAR ISI)
3_daptarisi.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAPTAR PUSTAKA)
9_daptarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan syariah lembaga yang bergerak dibidang keuangan pasti membutuhkan modal, maka dari itu diperlukanya lah rasio yang mengukur mengenai pemodalan yaitu rasio Capital Adequacy Ratio (CAR), dari modal yang besar maka perbankan syariah akan melakukan fungsi nya sebagai lembaga penghimpun dan penyaluran dana maka di perlukan rasio Financing to Deposito Ratio guna mengukur pembiayaan. Profitabilitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat menghasilkan laba secara efektif dan efisien. Salah satu indikator yang digunakan yaitu Return On Asset (ROA), ROA berfungsi mengukur efektivitas perusahaan dalam menghasilkan laba dengan memanfaatkan aktiva yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Return on Assets (ROA) secara parsial, serta seberapa besar pengaruh pengaruh Financing to Deposito Ratio (FDR) terhadap Return on Assets (ROA) dan seberapa besar pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposito Ratio (FDR) terhadap Return on Assets (ROA) secara simultan pada PT. Bank Maybank Syariah Indonesia 2009-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Bank Maybank Syariah Indonesia 2009-2018. yang telah dipublikasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows V.22.0. Dalam penelitian ini didapati kesimpulan sebagai berikut: diperoleh nilai Fhitung adalah sebesar 0,371 sedangkan Ftabel adalah sebesar 4,47 sehingga besarnya Fhitung < Ftabel yaitu 0,371 < 4,47. Maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposito Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) tidak terdapat pengaruh yang singnifikan. PT. Maybank Syariah Indonesia periode 2009-2018.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR);Financing to Deposito Ratio (FDR); Return on Assets (ROA);
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Capital
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Yahdi Parsaulian Rambe
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:58
Last Modified: 12 Nov 2021 01:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46211

Actions (login required)

View Item View Item