Strategi media relations Humas Pemkot Bandung dalam membangun hubungan dengan pers melalui Program Bandung Menjawab: Studi deskriptif pada Humas Pemkot Bandung.

Fadhilah, Nida Syarah (2021) Strategi media relations Humas Pemkot Bandung dalam membangun hubungan dengan pers melalui Program Bandung Menjawab: Studi deskriptif pada Humas Pemkot Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Program Bandung Menjawab yang diselenggarakan oleh Humas Pemkot Bandung mempermudah alur komunikasi pemerintah Kota Bandung dengan publik nya serta bertujuan untuk menjawab dan mengklarifikasikan isu yang tengah berkembang di masyarakat. Program Bandung Menjawab juga menjadi wadah informasi bagi publiknya untuk mendapatkan informasi yang akurat sekaligus memberikan solusi terhadap persoalan yang ada. Pada pelaksanaanya, Program Bandung Menjawab membutuhkan strategi media relations dalam menanggapi isu yang berkembang. Penelitian ini memaparkan mengenai bagaimana proses Humas Pemkot Bandung mengelola relasi, mengembangkan taktik, dan membangun jaringan guna membangun hubungan dengan media. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations Humas Pemkot Bandung dalam membangun hubungan dengan pers melalui Program Bandung Menjawab. Konsep yang diaplikasikan pada penelitian ini yaitu konsep strategi media relations dari Yosal Iriantara. Dengan mengacu pada konsep tersebut akan memudahkan peneliti dalam merumuskan indikator-indikator untuk mengumpulkan data mengenai mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan strategi media relations yang dilakukan Humas Pemkot Bandung berdasarkan fakta, proses dan gejala sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa strategi media relations yang dilakukan Humas Pemkot Bandung dalam membangun hubungan dengan pers melalui Program Bandung Menjawab dimulai dengan melakukan kegiatan mengelola relasi yang mencakup kegiatan menentukan isu bersama jurnalis dalam rangka mewadahi kepentingan media, melayani kebutuhan media sebagai upaya memenuhi kebutuhan media, dan mengadakan kegiatan workshop bersama jurnalis guna menciptakan kesamaan pemahaman sekaligus meningkatkan kualitas jurnalis. Kemudian dalam mengembangkan taktik, Humas Pemkot Bandung melakukan beberapa kegiatan seperti menyediakan doorstop interview dalam rangka menghormati keinginan media, menggunakan berbagai media untuk menyampaikan informasi, serta memosisikan lembaganya sebagai sumber infomasi yang handal guna memperoleh kepercayaan publik. Terakhir mengembangkan jaringan yang dilakukan dengan berkolaborasi dan membina hubungan baik dengan organisasi profesi sebagai upaya mendapatkan perhatian dari media massa. The presence of the Bandung Menjawab Program organized by the Bandung City Government Public Relations facilitates the flow of communication of the Bandung City government with the public and aims to answer and clarify the growing issues in the community. Bandung Menjawab program is also a forum for information for the public to get accurate information while providing solutions to existing problems. In its implementation, the Bandung Menjawab Program requires a media relations strategy in response to growing issues. This research explains how the Bandung Public Relations process manages relationships, develops tactics, and builds networks to build relationships with the media. In connection with this, this research aims to find out the strategy of public relations media relations Bandung city government in building relationships with the press through the Bandung Answer Program. The concept applied to this research is the concept of media relations strategy from Yosal Iriantara. By referring to the concept will make it easier for researchers to formulate indicators to collect data on managing relationships, developing strategies, and developing networks. The method used in this study is a qualitative descriptive method that aims to explain media relations strategies carried out by public relations of the Bandung city government based on facts, processes, and social symptoms. The data collection techniques used are in-depth interviews and observations. The results of the study illustrate that the media relations strategy carried out by the Bandung Public Relations In building relations with the press through the Bandung Menjawab Program begins by conducting activities to manage relationships that include defining issues with journalists to accommodate media interests, serve media needs as an effort to meet media needs, and hold workshop activities with journalists to create equal understanding while improving the quality of media. journalist. Then in developing tactics, the public relations Bandung city government conducted several activities such as providing doorstop interviews to respect the wishes of the media, using various media to convey information, and positioning its institution as a reliable source of information to gain public trust. Finally, developing networks is done by collaborating and establishing good relations with professional organizations to get attention from the mass media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Media Relations; Media massa; Humas
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > General Publications of Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nida Syarah Fadhilah
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:32
Last Modified: 16 Nov 2021 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46233

Actions (login required)

View Item View Item