Makna hari raya Saraswati bagi peningkatan religiusitas di kalangan guru dan siswa: Studi kasus pada jamaah di Pura Agung Vira Loka Natha Cimahi yang berprofesi sebagai guru dan siswa

Arfahira, Inneke (2021) Makna hari raya Saraswati bagi peningkatan religiusitas di kalangan guru dan siswa: Studi kasus pada jamaah di Pura Agung Vira Loka Natha Cimahi yang berprofesi sebagai guru dan siswa. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna hari raya Saraswati bagi peningkatan religiusitas di kalangan guru dan siswa pada jamaah Pura Agung Vira Loka Natha Cimahi. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang ditujukan untuk memahami sebuah fenomena yang dialami oleh subjek yang diteliti. Proses penelitian dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 1 orang Ketua PHDI Cimahi, 1 orang Pemuka Agama, 2 orang Guru dan 2 orang Siswa secara tidak terstruktur namun tetap menggunakan pedoman wawancara berupa pertanyaan-pertanyaan yang sudah dipersiapkan. Analisis data dalam penelitian berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa hari raya Saraswati memiliki sejarah, hikmah dan juga makna pada hari raya Saraswati yang dapat meningkatkan religiusitas Guru dan Siswa. Serta makna pada simbol- simbol yang ada pada lambang sosok Dewi Saraswati. Berbagai peningkatan religiusitas yang diungkapkan dalam berbagai bentuk pemikiran dan perbuatan. Berdasarkan teori Joachim Wach pengalaman keagamaan yang didapatkan melalui aspek bathiniah dapat diolah dan diungkapkan melalui pemikiran dan perbuatan sebagai bentuk meningkatnya religiusitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hari Raya Saraswati; Dewi Saraswati
Subjects: Religious Experiences
Religions of Indic Origin > Hinduism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Inneke Arfahira
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:21
Last Modified: 15 Nov 2021 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46238

Actions (login required)

View Item View Item