Strategi membangun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam pengembangan ekonomi masyarakat : Studi riset aksi di Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Sidiq, Muhammad Erial (2020) Strategi membangun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam pengembangan ekonomi masyarakat : Studi riset aksi di Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3 _daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu persoalan serius yang dihadapi bangsa ini adalah tingkat kesenjangan ekonomi yang terlampau lebar, serta tingkat kemiskinan yang terlalu menakutkan. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu lembaga yang dijadikan sebagai wadah pemersatu dan pemberdayaan masyarakat. BUMDes berusaha mengintegrasikan programnya dengan masalah-masalah kemasyarakatan yang erat kaitannya dengan bidang-bidang ekonomi. Salahsatu pemberdayaan masyarakat melalui rintisan BUMDes yaitu di Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung bernama BUMDes Kampung Responsif Dinamis (KRD). Kelompok ini merupakan alternatif proses pemberdayaan yang diharpakan dapat menggalang tanggung jawab bersama dalam memelihara lingkungan teruatama dalam penanggulangan sampah namun berdampak secara ekonomi. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah dengan menyediakan wadah bagi masyarakat itu sendiri sebagai akses untuk menuju masyarakat yang berdaya. Dengan dibentuknya rintisan BUMDes melalui program bank sampah bisa menjadi salah satu wadah yang dapat mengembangkan pendapatan masyarakat dengan cara pengelolaan sampah dengan baik. rintisan BUMDes merupakan kegiatan yang strategis guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah menjadi potensi ekonomi dan kebersihan lingkungan Rancaekek Wetan. Teori yang digunakan oleh peneliti (fasilitator) menggunakan teori strategi pemberdayaan yang dilakukan BUMDes menggunakan tiga aras pemberdayaan (Empowerment setting): mikro, mezzo dan makro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi yang di terapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mengembangkan ekonomi masyarakat di desa Rancaekek Wetan (2) proses strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mengembangkan ekonomi masyarakat di desa Rancaekek Wetan (3) hasil strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mengembangkan ekonomi masyarakat di desa Rancaekek Wetan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi riset aksi, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memecahkan masalah baik langsung atau melalui proses reflektif dari masalah dan kebutuhan masyarakat yang dilakukan oleh individu yang bekerja dengan orang lain dalam tim. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode transect, Focus Group Discussion (FGD), Analisis Data dan studi dokumentasi Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan: (1) Dalam proses strategi membangun BUMDes di Rancaekek Wetan menggunakan tahapan Riset Aksi (2) Strategi pemberdayaan yang dilakukan BUMDes menggunakan tiga aras pemberdayaan (Empowerment setting): mikro, mezzo dan makro.(3) Hasil yang di dapat dari pelaksanaan program yang dilakukan rintisan BUMDes: (a) setelah adanya rintisan BUMDes secara material mereka terbantu dengan mengurangi sampah dapur yang sebelumnya membusuk di tempat sampah (b) bisa menjadi nilai ekonomis dari sampah dapur yang di kelola menjadi pupuk kompos dan bank sampah dari sampah non organik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BUMDes; Pemberdayaan; Ekonom;. KRD.
Subjects: Communities > Community Sociology
Communities > Villages
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Erial Sidiq
Date Deposited: 18 Nov 2021 05:18
Last Modified: 18 Nov 2021 05:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46273

Actions (login required)

View Item View Item