Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) Di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur

Mokoagow, Diana N (2021) Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) Di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

APBDes menjadi sebuah informasi yang harus dipublikasikan kepada masyarakat sebagai bentuk transparansi. Desa Cimacan belum dapat melakukan transparansi dapat dilihat dari belum adanya sarana publikasi transparansi, serta partisipasi masyarakat yang masih rendah. Oleh sebab itu, Dalam hal ini Pemerintah Desa Cimacan belum melakukan publikasi terkait anggaran sebagai bentuk transparansi APB Desa Cimacan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara komprehensif dan mendalam mengenai transparansi pengelolaan APBDes di Desa Cimacan Cimacan dilihat dari dimensi ketersediaan dan aksessibilitas dokumen anggaran, kejelasan dan kelengkapan informasi, keterbukaan proses, serta kerangka regulasi yang menjamin transparansi. Teori yang digunakan dalam penelitan ini didasarkan pada teori transparansi menurut Kristianten (2006). Teori ini menjadi menyatakan bahwa transparansi dapat diukur melalui empat indikator, yaitu ketersediaan aksessibilitas dokumen, kejelasan dan kelengkapan informasi, keterbukaan proses, kerangka regulasi yang menjamin transparansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis serta memahami fenomena sosial yang terjadi serta untuk mengetahui nilai dari variabel transparansi keuangan tanpa adanya perbandingan atau menghubungkan antara masing-masing variabel. Dalam penelitian ini menggambarkan mengenai transparansi pengelolaan APBDes di Desa Cimacan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa transparansi pengelolaan APBDes di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur belum optimal. Berdasarkan dimensi ketersediaan dan aksessibilitas dokumen diketahui bahwa ketersediaan dokumen APBDes di Desa Cimacan lengkap tersedia namun, dokumen-dokumen APBDes tersebut tidak dapat diakses secara bebas oleh masyarakat. Transparansi APBDes di Desa Cimacan dilihat dari kejelasan dan kelengkapan informasi diketahui bahwa informasi yang disampaikan oleh Pemerintah Desa Cimacan sudah cukup jelas dan dapat difahami oleh masyarakat. Transparansi APBDes di Desa Cimacan dilihat dari keterbukaan proses diketahui bahwa partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan musyawarah desa masih kurang. Transparansi APBDes di Desa Cimacan dilihat dari kerangka regulasi yang menjamin transparansi dapat diketahui bahwa belum adanya SOP khusus mengenai pelaksanaan transparansi yang dibuat oleh Pemerintah Desa Cimacan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transparansi; APBDes; Pemerintah Desa
Subjects: Public Administration > Public Administration in Specific Localities
General Management > Budgeting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Diana N Mokoagow
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:11
Last Modified: 16 Nov 2021 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46278

Actions (login required)

View Item View Item