Penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kepolisian Daerah Jawa Barat (POLDA JABAR)

Taufik, Ari Apriana Rizqi (2021) Penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kepolisian Daerah Jawa Barat (POLDA JABAR). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya angka kriminalitas di masyarakat yaitu kekerasan dalam rumah tangga karena kurangnya komunikasi dan komitmen dalam satu keluarga untuk merespon dinamika/permasalahan hidup, sering sekali perempuan dan anak yang justru menjadi korbannya. Tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang sering muncul dalam masyarakat tentu sangat merugikan baik bagi diri sendiri, orang lain bahkan masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penegakan hukum terhadap pelaku KDRT di wilayah hukum POLDA Jawa Barat, Untuk mengetahui kendala dalam penegakan hukum terhadap pelaku KDRT di wilayah hukum POLDA Jawa Barat dan bagaimana upaya yang bisa dilakukan dalam menyikapi kendala penegakan hukum terhadap pelaku KDRT di wilayah hukum POLDA Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan teori penegakan hukum yang menjelaskan mengenai bahwa penegakan hukum pidana juga sebagai salah satu upaya agara dapat tegaknya norma-norma hukum secara nyata, jika ada penegakan hukum yang benar dan adil maka kasus seperti KDRT dapat segera teratasi yang berpengaruh terhadap tentramnya hubungan di dalam masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis Yuridis Normatif. Selain itu menggunakan teknik penelitian data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, studi dokumen. Skripsi ini adalah Yuridis Normatif, yaitu pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan dan perundang-undangan. Hasil penelitian ini bahwa penegakan hukum terhadap tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dianggap sedikit kurang maksimal hal tersebut terbukti dari data yang diperoleh peneliti terdapatnya tunggakan penyelesaian kasus KDRT. Selain itu kendala yang dihadapi diantaranya, keterangan saksi, pencabutan laporan, keterangan yang kurang, edukasi yang kurang, masyarakat, kurangnya sumber daya manusia, kurangnya sarana dan prasarana. Adapun upaya yang Bisa Dilakukan dalam Menyikapi Kendala Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana KDRT diantaranya sosialisasi pada saksi, penyadaran terhadap pelaku, sosialisasi tentang Undang-Undang KDRT, memberikan edukasi terhadap korban, penyuluhan hukum terhadap masyarakat, peningkatan kualitas, peningkatan sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tindak pidana;kekerasan dalam rumah tangga;polda jabar;
Subjects: Law
Law > Comparative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Ari Apriana Rizqi Taufik
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:03
Last Modified: 16 Nov 2021 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46289

Actions (login required)

View Item View Item