Kecanduan Game Online dan hubungannya dengan prokrastinasi akademik mahasiswa selama masa pandemi : Penelitian korelasional terhadap mahasiswa jurusan PAI semester VIII FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fadly, Fikri Fakhrizal (2021) Kecanduan Game Online dan hubungannya dengan prokrastinasi akademik mahasiswa selama masa pandemi : Penelitian korelasional terhadap mahasiswa jurusan PAI semester VIII FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan pada mahasiswa jurusan PAI juga pengalaman penulis mengenai penundaan pengerjaan skripsi selama masa pandemi yang terhambat dan juga pengamatan mengenai kesenangan mahasiswa jurusan PAI terhadap game online karena seringkali terlihat para mahasiswa meluangkan waktu untuk bermain game online bersama. Dari perkiraan tingginya tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa yang ditandai dengan terdapat beberapa mahasiwa yang terlambat menyelesaikan skripsi dengan tetap menghabiskan waktu dengan bermian game online, sehingga muncul pertanyaan apakah ada hubungan dari kecanduan game online dengan prokrastinasi akademik mahasiswa selama masa pandemi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kecanduan game online pada mahasiswa jurusan PAI; (2) Tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa jurusan PAI selama masa pandemi; (3) Hubungan antara kecanduan bermain game online dengan prokrastinasi akademik mahasiswa jurusan PAI selama masa pandemi. Penelitian ini diasumsikan bahwa kecanduan game online memiliki keterkaitan dengan prokrastinasi akademik mahasiswa selama masa pandemi. Dengan adanya asumsi tersebut maka dapat ditarik hipotesis bahwa semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode desktiptif dan jenis data korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel dari mahasiswa semester VIII jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 30 mahasiswa yang menyukai game online. Analisis data melalui dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Realitas tingkat kecanduan game online mahasiswa jurusan PAI berkategori tinggi (dengan skor 3,56); (2) Realitas tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa selama masa pandemi berkategori tinggi (dengan skor 3,65); (3) Hubungan kecanduan game online dengan prokrastinasi akademik mahsiswa selama masa pandemi adalah: (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori sedang dengan skor sebesar 0,442; (b) Hipotesisnya diterima, karena thitung (2,521) lebih besar dari ttabel (0,361); (c) Kadar pengaruh variable X terhadap variable Y yaitu sebesar 19,53%. Hal ini menunjukkan bahwa 19,53% tingkat prokrastinasi akdemik mahsiswa selama masa pandemi dipengaruhi oleh kecanduan game online. Sehingga masih terdapat 80,47% faktor lain yang akan mempengaruhi tingkat prokrastinasi akademik mhasiswa semester VIII jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecanduan; Game Online; Prokrastinasi;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikri Fakhrizal Fadly
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:22
Last Modified: 24 Nov 2021 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46415

Actions (login required)

View Item View Item